Perbedaan Ikan Lele Jantan dan Betina

Hello guys, selamat datang website Dota 2 Indonesia. Saya akan berbincang-bincang tentang “Lele Jantan dan Betina“. Berikut ulasannya secara lengkap dibawah ini:

Perbedaan-Ikan-Lele-Jantan-dan-Betina

Bisnis budidaya lele adalahsalah satu usaha yang menjanjikan sebab seperti diketahui permintaan pasar terhadap di antara jenis ikan air tawar ini masih paling besar. Hal ini didukung oleh banyaknya penggemar masakan olahan ikan lele sampai-sampai bermunculan sekian banyak usaha tempat santap yang mengangkat lele sebagai menu utamanya.

Lele dapat diubah menjadi sekian banyak santapan lezat, misalnya saja yang lumayan populer ialah pecel lele. Bisa dibilang kemanapun anda melangkah tidak sulit mengejar warung pecel lele. Belum lagi sekian banyak rumah santap atau restoran yang mengubah lele sebagai di antara menu masakan sampai-sampai permintaan pasar terhadap ikan lele tidak jarang kali tinggi.

Budidaya lele pun bukan urusan yang sulit sebab ada begitu tidak sedikit buku, tutorial, artikel, dan sumber informasi lainnya yang dapat dijadikan petunjuk dalam budidaya lele. Asal ada keinginan selalu terdapat jalan guna mewujudkannya. Dalam budidaya lele tentu dibutuhkan bibit yang bakal dipelihara dan dikembangkan sampai menjadi lele dewasa yang siap panen. Bibit ini bisa kamu beli sehingga kamu tinggal memeliharanya atau mengerjakan pembibitan sendiri dengan mengawinkan lele jantan dan betina yang dimiliki. Cara kedua dapat dibilang lebih irit karena anda tidak perlu menerbitkan uang lebih untuk melakukan pembelian bibit. Cukup mengawinkan lele jantan dan betina yang telah dewasa. Ketika perkawinan berhasil dan bibit dihasilkan kamu tinggal merawat bibit tersebut.

Jika kamu berniat mengawinkan lele, di antara hal urgen yang mesti diacuhkan ketika mengawinkannya ialah penentuan jenis kelamin ikan sebab salah menilai dapat berdampak gagalnya perkawinan. Jika yang kamu kawinkan ternyata ikan dengan jenis kelamin yang sama pasti saja perkawinan bakal gagal atau justeru ikan akan berduel sehingga bukannya untung kamu malah rugi sebab ada ikan yang sakit atau mati.

Pada dasarnya menilai jenis kelamin ikan lele tidaklah sulit sebab keduanya mempunyai alat kelamin yang berbeda. Namun untuk menyaksikan dan menilai jenis kelamin lele tidaklah mudah sebab kita mesti menangkapnya terlebih dahulu dan mengembalikan tubuhnya untuk menyaksikan jenis kelamin ikan. Oleh karena tersebut kali ini arenahewan.com bakal membantu anda membedakan ikan lele jantan dan betina melalui sejumlah tanda. Dan andai sudah lihai anda tidak butuh lagi sulit payah menciduk lele dan mengecek alat kelaminnya guna menilai jenis kelamin lele yang bakal dikawinkan. Cukup mempehatikan firasat berikut dan anda sudah dapat memisahkan lele jantan dan betina dengan baik.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Cara Budidaya Ikan Sumatra

Perbedaan Ikan Lele Jantan dan Betina

Berikut ini terdapat sejumlah perbedaan ikan lele jantan dan betina, terdiri atas:


1. Bentuk tubuh

Lele jantan bisa dikenali dari format tubuhnya yang langsing dan memanjang sedangkan tubuh lele betina tampak lebih bulat. Para peternak lele pemula masih sulit memisahkan lele jantan dan betina sebab ukuran dan format tubuh mempunyai sifat relatif sampai-sampai harus ada sejumlah ekor lele sebagai pembanding. Namun untuk yang sudah kawakan tidak sulit untuk mereka untuk memisahkan lele jantan dan betina dari segi format tubuh.


2. Bentuk perut

Dilihat dari format perutnya lele betina memiliki format perut yang lebih lebar daripada lele jantan. Hal ini ditujukan supaya lele betina bisa menampung lebih tidak sedikit telur di dalam tubuhnya. Lebar perut lele betina selama 1,5 inchi daripada lele jantan. Oleh karena tersebut kita bisa meraba perut lele untuk memahami apakah ia telah siap kawin atau belum.


3. Kondisi perut

Di samping lebih lebar perut lele betina pun terasa lebih empuk atau lembek daripada lele jantan yang ingin terasa kenyal. Jika kamu menilai jenis kelamin lele dengan teknik meraba situasi perutnya usahakan dilaksanakan dengan hati-hati.


4. Bentuk Moncong

Hal beda yang pun membedakan lele jantan dan betina ialah bentuk moncongnya. Moncong lele jantan ingin lebih runcing dan panjang daripada lele betina. Hal ini ingin lebih mudah dilaksanakan karena anda tidak perlu menciduk dan memegangi lele. Cukup diacuhkan dari jauh dan kita telah dapat menilai jenis kelamin lele sampai-sampai tidak keliru saat mengawinkan.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Cara Membedakan Cupang Hias dan Cupang Aduan

5. Ukuran sirip punggung

Kita pun dapat memisahkan lele jantan dan betina dari ukuran sirip pada punggung ikan. Lele jantan mempunyai sirip punggung yang lebih panjang daripada lele betina.


6. Warna sirip punggung

Di samping ukuran warna sirip punggung juga dapat dijadikan di antara acuan untuk memisahkan lele jantan dan betina. Lele jantan mempunyai warna sirip yang lebih cerah daripada lele betina.


7. Bentuk dan ukuran kepala

Di samping dari format tubuh ukuran kepala lele jantan dan betina pun mempunyai perbedaan. Lele jantan mempunyai ukuran kepala yang lebih kecil serta tampak agak gepeng dan pendek daripada lele betina. Sama seperti format tubuh urusan ini masih meragukan untuk pemula sebab ukuran kepala mempunyai sifat relatif. Perlu terdapat pembanding sejumlah ekor lele lainnya untuk memisahkan lele jantan dan betina menurut ukuran kepala.


8. Kelincahan gerakan

Karena format tubuhnya yang lebih ramping lele jantan mempunyai gerakan yang lebih lincah dan gesit daripada lele betina. Namun urusan ini sifatnya tidak mutlak sebab ada pun sebagian lele betina yang gerakannya lumayan lincah serupa lele jantan. Perlu empiris yang tidak sedikit untuk bisa menilai jenis kelamin lele dengan melulu melihat pergerakannya.


9. Keagresifan

Di samping lebih lincah lele jantan pun terlihat lebih agresif daripada lele betina yang ingin lebih pasif. Hal ini dapat diperlihatkan dengan memasukkan seekor lele betina dan sejumlah lele jantan yang telah siap kawin ke dalam satu kolam. Biasanya lele-lele jantan itu akan bertarung guna memperebutkan si betina.


10. Kehalusan kulit

Kita pun dapat memisahkan lele jantan dan betina dengan meraba kulitnya. Lele jantan mempunyai kulit yang ingin lebih kasar daripada lele betina.


11. Warna kulit dada

Hal beda yang memisahkan lele jantan dan betina ialah warna kulit dada. Lele jantan mempunyai warna kulit dada yang lebih gelap daripada lele betina yang kulit dadanya ingin berwarna lebih terang.


12. Cairan yang dikeluarkan bila perutnya diurut

Bagi lele yang telah dewasa dan siap kawin akan menerbitkan cairan bila perutnya diurut dari arah perut ke bawah/ekor. Cairan yang dikeluarkan bertolak belakang antara lele jantan dan betina. Lele jantan akan menerbitkan cairan putih kental yaitu gabungan sperma dan mani sedangkan lele betina akan menerbitkan cairan berwarna kekuningan yang adalahtelur atau ovum.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Harga Ikan Guppy

13. Bintik-bintik pada sirip punggung

lele jantan yang sudah dewasa mempunyai bintik-bintil kecil pada wilayah sirip punggung yang juga dapat dijadikan patokan dalam menilai jenis kelamin lele sampai-sampai tidak keliru saat akan mengawinkannya.


14. Bentuk perangkat kelamin

Jika masih ragu dengan memperhatikan format tubuh ikan kamu dapat memperhatikan format alat kelamin ikan yang sangat bertolak belakang antara jantan dan betina. Meskipun urusan ini agak sulit dilaksanakan karena kamu harus menciduk dan memegangi ikan terlebih dahulu. Ini dapat dilakukan bila kamu masih ragu tentang jenis kelamin lele meskipun telah mengamati format dan situasi fisiknya. Alat kelamin lele jantan terletak di bawah anus dan berbentuk memanjang atau runcing ke arah belakang. Sementara perangkat kelamin lele betina ingin oval seperti format daun serta mempunyai lubang yang melebar. Baik lele jantan maupun betina mempunyai alat kelamin yang berwarna agak kemerahan terutama andai sudah siap kawin.


15. Jumlah lubang pada unsur bawah tubuh

Ikan lele betina mempunyai dua buah lubang pada unsur bawah tubuhnya yang bermanfaat untuk menerbitkan kotoran dan sebagai perangkat reproduksi sedangkan lele jantan melulu mempunyai satu buah lubang dan satu buah tonjolan panjang dan runcing sebagai perangkat reproduksi.


Demikian Sekilas Mengulas Tentang 15 Perbedaan Ikan Lele Jantan dan Betina

Semoga Bermanfaat yang Disampaikan. Terima Kasih…!!!


Baca Juga :


Jangan Lupa Share Guys …!!!

Nur Kholifah adalah blogger Wanita Indonesia, yang sangat menyukai game dan Aplikasi. Saat ini ia menulis untuk Dota2.Co.Id, karena saya memiliki banyak pengetahuan tentang dunia game.