√Makanan Ikan Discus®

Ikan discus Diklasifikasikan sebagai Symphysodon spp, merupakan salah satu spesies ikan hias dari cichlids air tawar dan sangat populer di Asia. Kelompok ikan hias ini terdiri dari tiga jenis, yaitu cakram hijau, cakram lindung nilai dan cakram biasa. Ikan cakram adalah ikan yang hidup di beberapa anak sungai Amazon dan memiliki habitat asli. Ketiga spesies ini umum di daerah yang berbeda, beberapa di Brazil, Peru dan Kolombia. Ada juga yang ditemukan di sungai Abacaxis, Rio Negro dan Trombetas.

Makanan-Ikan-Discus-agar-Cepat-Besar

Ikan discus sering digunakan sebagai ikan hias di akuarium karena bentuk tubuh yang unik dan gaya berenang yang elegan. Selain itu, ikan ini juga memiliki warna-warna indah yang meningkatkan penjualan. Di alam liar, diskus ini menipu predator dengan bersembunyi di cabang atau daun pohon.

Keunikan lain dari diskus ikan adalah perilakunya, yang sangat peduli tentang larva. Musim kawin untuk ikan diskus berlangsung selama dua minggu, dan telur yang diproduksi oleh betina menetas setelah tiga hari pada ikan diskus jantan dan betina. Saat lahir, larva menempel pada kulit induk betina. Larva ini dijaga oleh orang tua laki-laki dan perempuan.

Merawat ikan cakram untuk pemula cukup mudah karena sensitif dan sangat rentan terhadap stres. Penyebab stres ini sedikit berbeda. Hal ini dapat disebabkan oleh kondisi lingkungan seperti akuarium yang tidak dirawat dengan baik atau ikan diskus yang tersisa di akuarium. Bahkan, ikan diskus hidup berkelompok.

Selain hal-hal yang dapat menyebabkan stres di atas, ternyata ada faktor lain yang tak kalah pentingnya adalah makan. Umpan yang ditentukan tidak boleh sembarangan selama pemeliharaan. Karena ada berbagai jenis makanan yang tidak cocok untuk disk ini. Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan memberikan informasi tentang makanan apa yang dapat diberikan kepada ikan diskus selama perawatan untuk mempercepat proses pertumbuhan. Kami juga memberikan tips tentang cara memberi makan ikan diskus.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Umpan Mancing Ikan Gabus Jitu

Makanan Ikan Discus agar Cepat Besar

Berikut ini terdapat beberapa makanan ikan discus agar cepat besar, terdiri atas:


1. Kutu Air

Kutu air diklasifikasikan sebagai makanan alami yang dapat diberikan kepada ikan cakram. Dianjurkan untuk mencuci kutu air sebelum memberikannya kepada ikan untuk menghilangkan kotoran. Kutu air ini sangat mudah dicerna dan karenanya cocok sebagai pakan.


2. Artemia

Jenis pakan ini masih tergolong pakan alami untuk ikan cakram. Artemia adalah makanan ikan diskus yang sangat steril dan bebas penyakit. Artemia ini mengandung lemak hingga 25% dan protein 50%.


3. Rotifera

Merupakan jenis mikroorganisme yang ukurannya sangat kecil, sehingga sangat mudah untuk masuk ke dalam mulut ikan diskus. Selain itu, makanan ini juga cocok untuk ikan cakram.


4. Cacing Sutera

Karena ulat sutera secara alami mengandung banyak protein, lemak dan mineral, cacing jenis ini sangat cocok untuk pertumbuhan ikan cakram. Juga luar biasa bahwa kebersihan ulat sutera sebelum dilepaskan ke ikan harus benar-benar bersih.


5. Telur Udang Galah

Penggunaan telur raja udang sebagai makanan untuk ikan cakram adalah salah satu cara untuk mempercantik warna ikan cakram. Sebelum telur-telur ini dilepaskan untuk ikan diskus, mereka dibekukan dari awal sampai akhir. Telur udang raja tidak hanya mampu memberikan warna yang indah pada ikan, mereka juga mempercepat proses pertumbuhan ikan.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  √Budidaya Ikan Hias Air Tawar®

6. Cacing Darah

Cacing darah berasal dari proses peluruhan metamorfosis lalat chironomus, yang tidak berhasil. Proses pembusukan inilah yang akhirnya menghasilkan cacing darah. Cacing darah ini biasanya dibekukan dan kemudian secara bertahap diberikan pada ikan diskus untuk memastikan umur simpan dan umur simpan yang lebih lama.


7. Larva Nyamuk

Jenis makanan ini sangat mudah didapat. Larva nyamuk terjadi di tempat-tempat di mana ada air, mis. Dalam selokan. Larva nyamuk itu sendiri memiliki kandungan protein yang relatif tinggi, sehingga mereka secara signifikan mendorong pertumbuhan ikan cakram.


8. Burger Ikan Discus

Jenis makanan ini diklasifikasikan sebagai makanan buatan yang dibuat khusus dan dirancang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ikan cakram secara maksimal. Burger cakram ini terdiri dari tuna atau salmon, hati sapi, udang dan juga air. Atas dasar ini, makanan ini mengandung protein, vitamin, mineral, serat dan karbohidrat. Keuntungan dari makanan buatan ini adalah lebih tahan lama. Selain itu, tentu saja ada kelemahan seperti memperlambat pertumbuhan ikan. Lebih baik tidak memberikan makanan ini terlalu banyak untuk mendiskusikan ikan dan menggabungkannya dengan makanan alami.


Cara Memberi Makan Ikan Discus

Berikut ini terdapat beberapa cara memberi makan ikan discus, terdiri atas:


  1. Berikan Makanan Secara Bertahap

Karena ukuran tubuh ikan diskus itu sendiri cukup kecil, makan yang baik tidak terlalu banyak. Intinya di sini sedikit demi sedikit. Selain itu, jangan terlalu banyak dan tidak terlambat dari jadwal makan.


  1. Kombinasikan Jenis Makanan

Jika makanan yang disediakan adalah makanan buatan, itu harus dicampur atau dikombinasikan dengan makanan alami. Tujuannya untuk menyempurnakan pertumbuhan ikan cakram.

Penjelasan di atas berisi beberapa informasi yang dapat kami berikan untuk merawat ikan cakra, terutama jenis pakan ikan cakra sehingga tumbuh dengan cepat. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menambahkan informasi saat merawat ikan cakram.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  √Cara Membuat Vitamin Untuk Ikan Hias®

Demikian Pembahasan Tentang 8 Makanan Ikan Discus agar Cepat Besar yang Wajib Diketahui

Semoga Penyampaian dalam Artikel ini Bermanfaat Bagi Semuanya…!!!


Share this:

Nur Kholifah adalah blogger Wanita Indonesia, yang sangat menyukai game dan Aplikasi. Saat ini ia menulis untuk Dota2.Co.Id, karena saya memiliki banyak pengetahuan tentang dunia game.