Makanan Burung Parkit

Hello guys, selamat datang website Dota 2 Indonesia. Saya akan berbincang-bincang tentang “Burung Parkit“. Berikut ulasannya secara lengkap dibawah ini:

Makanan-Burung-Parkit-Agar-Jinak

Banyak sekali jenis burung yang mempunyai penampilan unik dan suara yang enak di dengar, salah satunya ialah burung parkit. Tak ayal tidak sedikit sekali penyuka burung yang merawat jenis burung yang satu ini.

Dari sejumlah jenis burung parkit, yang sangat populer ialah parkit Australia. Penampilannya yang berjambul serupa dengan burung kakatua tetapi dengan ukuran tubuh yang jauh lebih kecil. Wajar saja terdapat keserupaan sebab kakatua yang adalahburung khas Pulau Cendrawasih, Papua paling dekat secara geografinya dengan Australia. Namun menurut penelitian, family burung ini malah dekat dnegan parkit atau betet sampai-sampai tidak dimasukkan jenis kakatua.

Selain tersebut beragamnya warna yang terdapat di sekian banyak jenis burung parkit menjadi pesona tersendiri untuk kicau mania. Dengan kelebihan yang demikian, burung parkit pun sering diikutkan kompetisi burung walaupun tidak terlalu tidak sedikit karena secara kicauan masih kalah dengan burung yang lainnya seperti kenari.


Makanan Burung Parkit

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis makanan burung parkit, terdiri atas sebagai berikut:


1. Biji Jagung Muda

Makanan burung parkit yang kesatu ialah biji jagung muda. Beberapa kicau mania memandang biji jagung terutama yang masih muda, segar dan tidak banyak basah menjadi menu paling disukai burung parkit. Jadi andai Anda melakukan pembelian biji jagung muda, pastikan kita merendamnya terlebih dahulu supaya sedikit basah.

Di samping itu, kiat merendam ini dapat digunakan guna memilih mana biji jagung yang berbobot | berbobot | berkualitas dan mana yang tidak. Biji jagung yang tenggelam ialah yang berbobot | berbobot | berkualitas sedangkan yang mengapung tersebut tandanya tidak terdapat isinya atau ompong dan kering.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Cara Memilih Burung Dara yang Bagus

2. Biji Beras Merah

Beras merah juga digemari burung parkit dan menjadi di antara makanan burung parkit lokal. Cocok pun langsung disajikan dalam situasi kering tidak butuh direndam sebagaimana biji jagung muda. Kini sudah tidak sedikit sekali toko sembako yang memasarkan beras merah, harganya relative lebih mahal tidak banyak dari beras putih.


3. Biji Jewawut

Makanan burung parkit berikutnya ialah biji jewawut. Biji yang satu ini tentu mudah diperoleh di toko-toko pakan burung. Berbagai macam burung tergolong parkit tidak akan menampik biji yang satu ini. Biji jewawut mempunyai cukup tidak sedikit kandungan protein, lemak dan karbohidrat yang paling baik untuk burung parkit.


4. Milet

Ini ialah salah satu makanan burung parkit Australia dan sejumlah jenis burung yang lain laksana kenari, perkutut, gereja dan burung pipit. Secara penampakannya sama dengan biji jewawut, tetapi butiran milet lebih besar, mengkilap sampai-sampai terlihat licin. Ada dua tipe milet, merah dan putih. Secara kualitas tidak sedikit yang menuliskan merah lebih bagus, oleh karenanya secara harga pun lebih mahal.


5. Sayuran Kol

Di samping biji-bijian, burung parkit pun suka dengan sejumlah jenis sayuran. Salah satunya ialah kol. Berikan kol guna selingan pakan burung parkit sangat tidak seminggu dua kali. Kol tidak sedikit kandungan gizinya sampai-sampai bagus utuk pertumbuhan burung parkit.


6. Sayuran bayam

Bayam ternyata tidak melulu baik guna dikonsumsi oleh manusia sebab kandungan zat gizi yang melimpah. Namun juga dominan positif guna kesehatan burung parkit. Sebagaimana sayuran kol, kita tidak perlu menyerahkan bayam masing-masing hari. Berikan sebagai selingan dari makanan utama burung parkit, yaitu biji-bijian.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Cara Memilih Burung Dara yang Bagus

7. Sayuran Brokoli

Mungkin brokoli menjadi menu sayuran sangat favorit untuk burung betet. Dilihat dari tekstur dari brokoli lebih serupa biji-bijian sampai-sampai minat santap burung parkit terhadap brokoli lebih tinggi dikomparasikan dua sayuran sebelumnya.


8. Sayuran Toge

Bagi manusia, toge diandalkan sangat baik guna kesuburan. Ternyata urusan ini juga dapat berlaku untuk burung parkit. Untuk Anda yang ketika ini sedang membudidayakan burung parkit, maka selingan makanan toge paling baik supaya burung parkit cepat bertelur. Di samping itu, kandungan vitamin E dalam toge pun sangat baik untuk kesehatan bulu-bulu parkit kesayangan.


9. Buah-buahan

Di alam liar, burung parkit tidak melulu menyukai biji-bijian, tapi pun buah-buahan. Beberapa buah yang lumayan digemari burung parkit laksana apel, pisang, pir, melon, jeruk dan anggur. Tidak bisa dipungkiri bagaimana kandungan gizi yang terdapat di buah-buahan paling melimpah. Sehingga akan paling baik untuk kesehatan burung parkit.

Jangan lupa guna mengontrol saldo buah yang tidak dimakan. Idealnya pakan buah melulu bertahan 2 jam, sehingga andai dalam masa-masa 2 jam masih ada saldo buah yang tidak dimakan, maka segera buang dan ganti yang baru. Sisa buah yang tidak segera dilemparkan akan bisa membusuk dan malah berbahaya untuk burung parkit andai dimakan.


10. Batu Kerikil

Mungkin kita tidak menduga bahwa batu kerikil dapat menjadi makanan burung parkit. Di dalam batu kerikil sebenarnya pun berisi sejumlah mineral yang diperlukan oleh burung parkit. Namun ada faedah unik andai memakan batu kerikil pada sistem pencernaan burung parkit. Yakni menolong proses pencernaan makanan yang dikonsumsi burung parkit, spesifiknya menolong menghaluskan makanan.


11. Grit

Jika kita merasa kerepotan guna menyiapkan batu kerikil, sekarang di toko-toko pakan burung sudah ada produk yang memiliki faedah sama dengan batu kerikil, yaitu grit. Komposisinya juga tidak melulu batu kerikil, namun pun ada pecahan kulit bekicot, kulit kerang, pecahan batu kali bahkan arang batok granit. Grit lebih praktis daripada kita menyiapkan batu kerikil dimana Anda mesti menumbuknya dan tidak boleh terlampau halus juga.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Cara Memilih Burung Dara yang Bagus

12. Pakan Instan

Di samping grit yang mempunyai sifat praktis, ada pakan instan sekian banyak jenis pun tersedia di toko pakan burung peliharaan. Terutama untuk Anda yang merawat burung parkit anakan, maka pakan instan dapat menjadi alternative utama makanan burung parkit anakan. Hal ini disebabkan kandungan gizinya telah tertakar dengan baik sampai-sampai Anda tidak perlu cemas kesehatan burung parkit ternak Anda.

Makanan paling digemari menurut keterangan dari admin ialah biji-bijian, paling sesuai dengan jenis paruh burung parkit, yaitu paruh bengkok. Burung yang memiliki format paruh laksana ini umumnya menyenangi biji-bijian. Namun kita tetap mesti memvariasi menu makanannya supaya parkit tidak bosan dan keperluan nutrisinya dapat terpenuhi. Karena kalau melulu satu jenis makanan, maka kandungan gizinya terdapat yang tidak cukup lengkap.

Walaupun jarang dilombakan, burung betet sangat unik untuk dipelihara dan dijadikan hiasan. Pilihan warnanya pun sangat banyak, terdapat yang kuning, hijau, biru kehijauan dan sebagainya. Banyak sekali anak-anak yang menyenangi penampilannya yang lucu sehingga dapat menjadi hiburan tersendiri di kala stress.


Demikian Sekilas Mengulas Tentang 12 Jenis Makanan Burung Parkit Agar Jinak dan Gacor

Semoga Bermanfaat yang Disampaikan. Terima Kasih…!!!


Baca Juga :

Nur Kholifah adalah blogger Wanita Indonesia, yang sangat menyukai game dan Aplikasi. Saat ini ia menulis untuk Dota2.Co.Id, karena saya memiliki banyak pengetahuan tentang dunia game.