Harga Burung Murai

Hello guys, selamat datang website Dota 2 Indonesia. Saya akan berbincang-bincang tentang “Harga Burung Cucak Murai“. Berikut ulasannya secara lengkap dibawah ini:

Harga-Burung-Murai

Burung Murai atau burung yang mempunyai nama latin dari Genus Copsychus adalah salah satu burung hias langka yang familiar dengan kicauan indahnya. Populasi fauna cantik ini tersebar di wilayah semua Pulau Sumatera, sebagian distrik Jawa, Papua dan sebagian distrik Pulau Kalimantan. Kini, burung murai tidak sedikit dijadikan peliharaan dengan pesonanya yang memikat dan kesempurnaan kicauannya.


Karakteristik Burung Murai

Sebelum anda menilai opsi jenis burung murai apa yang bakal dijadikan peliharaan, pastikan anda mengetahui dengan baik ciri khas umum burung murai sebagai berikut:

  • Merupakan jenis burung pemakan serangga kecil
  • Memiliki ukuran tubuh berkisar dari 8-30 cm
  • Burung murai jantan paling mudah dipisahkan dengan burung murai betina, yakni dari suara kicauannya yang lebih kencang dan ekornya yang lebih panjang
  • Dari segi morfologi burung murai jantan mempunyai bulu yang lebih mengkilap
  • Mengalami masa mabung (moulting) atau masa rontok bulu
  • Salah satu jenis burung hias yang telah mulai langka populasinya di Indonesia
  • Merupakan burung petarung (dalam berkicau) dan dapat menirukan kicauan burung murai lainnya.

Karena populasinya yang telah tidak tidak sedikit lagi dan kegunaannya sebagai burung hias yang tidak sedikit diminati, harga burung murai sekarang kian melambung tinggi. Apalagi andai burung murai ini diboncengkan dalam ajang atau kontes kicauan burung.


Jenis-jenis Burung Murai

Burung murai batu dengan nama latin Copsychus malabaricus ialah jenis burung murai yang sangat sering dijumpai di distrik Indonesia. Burung murai batu terbagi lagi menjadi sekian banyak jenis cocok dengan wilayah persebarannya. Harga burung murai batu sendiri berkisar antara Rp. 250 ribu sampai harga tertinggi Rp. 3 juta, urusan ini paling bergantung pada jenis dan kelangkaannya.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Harga Burung Cucak Ijo

Berikut ini adalahjenis-jenis burung murai batu yang paling digemari beserta harganya:


1. Burung Murai Borneo

Sesuai dengan namanya, burung murai ini berasal dari distrik hutan borneo (Kalimantan). Spesies burung ini mempunyai nama latin Copsychus malabaricus suavis. Burung murai borneo familiar dengan kelebihannya yang dapat menirukan sekian banyak macam suara kicauan burung dan kicauannya paling indah. Selain tersebut burung murai ini pun sangat cerdas dan gesit. Meskipun begitu burung murai borneo memiliki format morfologi tubuh yang relatif terbilang kecil, yaitu melulu sekitar 13 cm.

Burung murai borneo yang berbobot | berbobot | berkualitas biasanya ditandai dengan bulu dada yang berwarna coklat terang, tatapan mata yang tajam, serta kaki yang berwarna coklat kemerahan sampai coklat kehitaman. Harga burung murai borneo dibandrol mulai dari Rp. 600 ribu.


2. Burung Murai Lampung

Jenis burung murai yang satu ini ialah burung murai yang mudah dipisahkan dengan jenis burung murai lainnya sebab ekornya yang lurus dan lebih pendek. Ukuran jasmani tubuhnya berkisar antara 12-18 cm. Namun ukuran ekor yang pendek ialah salah satu kelebihan dari burung murai lampung ini sebab lebih aktif ketika bertarung dan kicauan yang didapatkan lebih maksimal, meskipun kicauannya kadang monoton dan tidak cukup bervariasi.

Selain tersebut jenis murai ini dikenal sebagai burung yang mempunyai stamina tangguh dan kuat. Dari segi morfologi, burung murai lampung mempunyai warna bulu dada orange kecoklatan (lebih gelap dari burung murai borneo) Bagi harga burung murai lampung sendiri dipatok mulai dari Rp. 1 juta. Dan guna murai lampung super dibandrol dari kisaran Rp. 1,5 juta sampai Rp. 1,7 juta.


3. Burung Murai Medan

Saat ini, burung murai medan sering ditelusuri dan menjadi di antara pilihan kesayangan dari semua pecinta burung hias. Bagaimana tidak, tampilan jasmani dari murai medan sangatlah indah, dengan ekor melengkung sampai sekitar 30 cm. Burung murai medan ialah jenis murai yang mempunyai ukuran lebih banyak dibanding jenis murai lainnya. Murai medan mempunyai warna berpengaruh hitam dengan warna orange dibagian bulu dada. Uniknya bilamana terkena sinar matahari warna hitam pada burung murai medan akan terlihat kebiru-biruan mengkilap.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Cara Ternak Pleci Menggunakan Sangkar Gantung

Saat berkicau seringkali burung murai medan bakal membentangkan ekornya sampai menyentuh kepala sebagai emblem gagah dan berani. Harga burung murai medan berkisar antara Rp. 700 ribu (anakan) sampai Rp. 1,3 juta (indukan).


4. Burung Murai Nias

Burung murai nias pun termasuk jenis murai yang susah ditemukan di wilayah aslinya. Secara morfologis burung ini memiliki kesamaan ukuran dengan burung murai lampung yaitu panjang ekor 17-20 cm dan berwarna hitam pekat atau yang tidak jarang dikenal dengan sebutan blacktail.

Keunggulan dari burung murai ini ialah volume suaranya yang lebih kencang dan dapat menirukan suara murai lainnya dengan cepat. Selain tersebut burung murai nias dikenal dengan daya adaptasinya yang cepat dan tidak gampang stress. Bagi harga, burung murai nias dibandrol antara Rp. 1,2 – 1,4 juta.


5. Burung Murai Air

Salah satu jenis burung murai yang mempunyai harga lumayan terjangkau dibanding jenis burung murai lainnya ialah burung murai air. Dengan harga Rp. 250 ribu, anda sudah dapat mempunyai burung hias cantik ini. Warna dari burung murai ini ialah hitam pucat sehingga ingin monoton. Namun guna stamina dan kekuatan burung ini tergolong burung yang gesit dan sehat.

Di samping burung-burung murai yang telah diterangkan diatas adapula jenis burung murai batu lainnya laksana burung murai aceh, burung murai medan, murai papua, murai lahat, murai malaysia dan burung murai jadi.


Daftar Harga Burung Murai

Berikut merupakan susunan tabel menyeluruh harga burung murai anakan dan harga burung murai indukan (dewasa):

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Harga Burung Betet

Harga itu adalah kisaran harga yang terdapat di pasaran. Harga dapat saja berubah tergantung dari kelangkaan burung dan semakin bagus kualitas kicauan burung. Bagi anda yang punya minat untuk merawat burung murai, kamu dapat pelajari terlebih dahulu tentang ciri khas burung murai agar kamu dapat melakukan perawatan dengan tepat.


Demikian Sekilas Mengulas Tentang 15 Daftar Harga Burung Murai: Karakteristik dan Jenisnya

Semoga Bermanfaat yang Disampaikan. Terima Kasih…!!!


Baca Juga :


Jangan Lupa Share Guys …!!!

Nur Kholifah adalah blogger Wanita Indonesia, yang sangat menyukai game dan Aplikasi. Saat ini ia menulis untuk Dota2.Co.Id, karena saya memiliki banyak pengetahuan tentang dunia game.