Harga Burung Kutilang

Hello guys, selamat datang website Dota 2 Indonesia. Saya akan berbincang-bincang tentang “Harga Burung Kutilang“. Berikut ulasannya secara lengkap dibawah ini:

Harga-Burung-Kutilang

Burung kutilang tentunya telah tidak asing lagi. Pasalnya, burung kutilang ini masih tergolong dalam rumpun burung cucak-cucakan. Kebanyakan jenis dari burung cucak-cucakan ini familiar dengan suara kicauannya yang merdu dan berdaya jual.

Burung dengan nama ilmiah Pycnonotus Aurigaster ini dikenal dengan burung liar sebab habitatnya yang tersebar di wilayah tersingkap mulai dari perbukitan, vegetasi, semak sampai ketinggian permukaan laut tertentu. Namun bilamana dijadikan burung peliharaan, burung kutilang pun mampu dijinakkan dan dipelihara dengan baik sebab sifatnya yang sangat gampang menyesuaikan diri.


Mengenal Karakteristik Burung Kutilang

Dibawah ini adalahciri-ciri/karakteristik dari burung kutilang yang perlu anda ketahui:

  • Memiliki nama ilmiah Pycnonotus Aurigaster dan masih tergolong kedalam kumpulan burung cucak-cucakan.
  • Dari segi morfologi, burung kutilang mempunyai ciri jasmani dengan ukuran tubuh rata-rata berkisar 20 cm, dengan warna tubuh yang didominasi warna coklat sampai kekuningan.
  • Burung kutilang adalahjenis burung yang hidup dalam suatu kawanan/berkelompok, tetapi burung kutilang pun memiliki keterampilan penyesuaian diri yang baik dan gampang beradaptasi terhadap lingkungan baru.
  • Di distrik Indonesia, persebarannya terletak di mayoritas Pulau Jawa dan Bali.
  • Merupakan jenis burung pemakan serangga kecil dan buah-buahan.
  • Tidak tergolong kedalam kelompok burung monomorfik, sebab ada perbedaan jasmani yang gampang kelihatan antara burung kutilang jantang dan burung kutilang betina.

Jenis-Jenis Burung Kutilang di Indonesia

Burung kutilang mempunyai jenis-jenis/varietas yang tersebar di masing-masing daerah. Jenis-jenis burung ini menilai harga burung kutilang di pasaran. Berikut merupakan sejumlah jenis burung kutilang yang tidak jarang dijumpai dan dibudidayakan di Indonesia:

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Cara Penangkaran Anis Merah di Rumah

1. Burung Kutilang Sutra

Jenis burung kutilang yang satu ini mempunyai nama latin Pycnonotus Atriceps. Dari segi jasmani dan morfologinya burung ini mempunyai warna kehijauan yang estetis dan warna hitam mengkilap pada unsur kepalanya. Burung kutilang sutra seringkali mempunyai habitat di distrik perbukitan. Bagi anda yang mengharapkan burung kutilang sebagai masteran atau prestasi, jenis burung kutilang sutra sangat sesuai untuk di latih kicauannya.

Harga burung kutilang sutra ketika ini berkisar antara Rp. 150 ribu guna yang anakan dan mulai Rp. 400 ribu guna yang telah dewasa.


2. Burung Kutilang Putih

Sesuai dengan namanya, burung kutilang ini mempunyai warna putih pada semua tubuhnya. Di kalangan penyuka burung hias, jenis kutilang ini pun sering dipanggil dengan kutilang albino. Jenis burung ini terbilang langka dan agak susah ditemukan sampai-sampai harga jualnya relatif mahal dipasaran. Bagi keturunan asli, harga burung kutilang putih dapat mencapai Rp. 3 juta rupiah.


3. Burung Kutilang Emas

Jenis burung kutilang yang tak kalah menarik ialah jenis burung kutilang emas. Senada dengan namanya, burung ini mempunyai corak warna keemasan yang estetis pada tubuhnya dan waran berpengaruh hitam pekat pada unsur kepalanya.

Burung kutilang emas ini mempunyai nama ilmiah Pycnonotus Melanicterus. Burung yang satu ini pun mempunyai tipikal suara yang nyaring dan sangat disukai di kalangan semua pecinta burung hias. Bagi anda yang hendak memelihara burung kutilang dengan harga terjangkau, burung kutilang emas adalahpilihan yang tepat. Harga burung kutilang emas di pasaran lumayan ekonomis yakni mulai dari Rp. 75 ribu sampai Rp. 100 ribu.


4. Burung Kutilang Mutiara

Burung kutilang yang satu ini ialah jenis kutilang yang coraknya sangat unik dan paling menarik. Terkadang kutilang mutiara ini pun dijuluki dengan kutilang zebra (cucak bersisik) sebab corak hitam putihnya yang khas. Jenis kutilang yang mempunyai nama ilmiah Pycnonotus Squamatus ini tersebar di distrik Jawa, Kalimantan dan pun Sumatera.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Harga Burung Poksay

Dari tampilan jasmani dan morfologi, kutilang mutiara pun mempunyai ukuran yang lebih kecil dikomparasikan jenis kutilang yang lainnya, yaitu melulu sekitar 15 cm. Keunikan lainnya, burung kutilang mutiara ini mempunyai warna yang bertolak belakang dari jenis lainnya yaitu kekuasaan warna zaitun pada punggungnya. Bagi harga burung kutilang mutiara yang telah gacor dapat berkisar Rp. 300 ribu.


5. Burung Kutilang Jambul

Jenis burung kutilang ini mempunyai nama latin Pycnonotus Jocosus, dengan karakteristik nya yang berjambul burung kutilang yang satu ini sangat gampang ditemukan di pasar burung dan toko burung. Dari segi fisik, kutilang jambul mempunyai warna hitam, abu-abu sampai kecoklatan pada unsur punggung, dan warna berpengaruh putih pada unsur dadanya.

Untuk nilai jual di pasaran, harga burung kutilang jambul berkisar antara Rp. 90 ribu sampai Rp. 150 ribu. Harga yang tercapai bukan?


6. Burung Kutilang Gacor

Sama dengan jenis burung kicau yang lainnya, burung kutilang bakal disebut gacor bilamana kicauannya telah matang dan menghasilkan suara nyaring yang tertata dan rutin. Burung kutilang yang telah melewati proses pemasteran dan diajar serta menemukan nutrisi ekstra akan lebih cepat gacor dan bernilai jual lebih tinggi. Apabila kondisinya telah gacor, harga burung kutilang ini dapat mencapai Rp. 300 ribu-an.

Di samping dari jenis-jenis yang telah diterangkan sebelumnya, masih tidak sedikit lagi sekian banyak jenis burung kutilang, baik yang terdapat di distrik Indonesia maupun di luar Indonesia. Jenis lainnya yang juga lumayan digemari ialah kutilang wilis. Apabila anda berniat untuk merawat burung kutilang dan mengerjakan pemasteran (agar cepat gacor) anda perlu memperhatikan sejumlah hal seperti:

  • Pakan sebagai penambah nutrisi. Di samping jenis serangga kecil dan buah-buahan, anda juga dapat mensuplai nutrisi tambahan laksana voer, kroto dan pun ulat kandang.
  • Perhatikan sarang atau kandang lokasi tinggal dari burung kutilang. Pastikan kandang tidak jarang kali dalam situasi bersih dan tidak jarang kali tersedia air serta makanan yang lumayan untuk burung kutilang. Burung kutilang sesekali pun perlu menemukan cahaya matahari, maka dari tersebut jemurlah burung kutilang pada masa-masa tertentu.
Yuk Baca Artikel Lainnya:  Harga Burung Cucak Rowo

Harga Burung Kutilang Hari Ini

Berikut ini merupakan susunan tabel menyeluruh harga pasaran burung kutilang sekian banyak jenis:


Demikian Sekilas Mengulas Tentang 10 Daftar Harga Burung Kutilang: Mengenal dan Jenisnya

Semoga Bermanfaat yang Disampaikan. Terima Kasih…!!!


Baca Juga :


Jangan Lupa Share Guys …!!!

Nur Kholifah adalah blogger Wanita Indonesia, yang sangat menyukai game dan Aplikasi. Saat ini ia menulis untuk Dota2.Co.Id, karena saya memiliki banyak pengetahuan tentang dunia game.