Harga Burung Gelatik

Hello guys, selamat datang website Dota 2 Indonesia. Saya akan berbincang-bincang tentang “Harga Burung Gelatik“. Berikut ulasannya secara lengkap dibawah ini:

Harga-Burung-Gelatik

Semakin merdu suaranya, semakin mahal harganya. Kira-kira begitulah yang sering disebutkan para penyuka burung pada burung kecil tetapi bersuara merdu, yakni burung gelatik. Harga burung gelatik yang tidak jarang kali diukur pada kualitas suaranya yang merdu telah bukan menjadi rahasia lagi. Banyak penyuka burung yang membidik burung kecil cantik ini sebagai fauna peliharaannya sebagai penyejuk dan penenang suasana.


Karakteristik Burung Gelatik

Ciri utama dari burung kecil ini merupakan suaranya yang nyaring, lebih keras dari burung kicau lainnya, lantang, dan mempunyai tarikan nafas yang kuat. Tubuhnya kecil dengan kisaran 13 cm. Namun ternyata teknik untuk memisahkan apakah burung itu jantan atau betina dapat dikatakan lumayan mudah.

Burung gelatik jantan mempunyai suara merdu yang lebih lantang dan lebih bervariasi. Sedangkan burung gelatik betina mempunyai suara yang datar dan itu-itu saja. Suara gelatik jantan yang bervariasi tersebut bermanfaat untuk unik perhatian gelatik betina.

Di samping itu, gelatik jantan mempunyai bulu berwarna hitam di dadanya yang lumayan lebat. Tubuhnya proporsional dan tampak ramping. Bagian atas kepalanya berbentuk datar atau rata dengan dekorasi warna bulu yang mengkilap. Terakhir merupakan tanda garis hitam yang terletak pada unsur tenggorokan yang memanjang ke bawah. Keistimewaan itulah yang menciptakan harga burung gelatik jantan agak mahal bila dikomparasikan dengan jenis betina.


Jenis-Jenis Burung Gelatik Dan Harganya

Disamping keistimewaan gelatik jantan yang unik, inilah ini ialah sejumlah jenis burung gelatik yang tidak jarang dijumpai dan dipelihara.


1. Burung Gelatik Batu

Parus Major adalahnama latin dari burung gelatik batu. Selain memiliki nama burung gelatik batu, burung gelatik ini pun dinamai dengan gelatik wingko. Sebetulnya nama ini hanyalah nama istilah guna burung gelatik batu dari wilayah yang bertolak belakang di Indonesia.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Cara Menjinakan Burung Hantu

Di distrik Sumatera, burung gelatik ini dinamai gelatik batu. Namun guna wilayah Jawa burung gelatik ini dinamai gelatik wingko. Meski begitu, harga burung gelatik batu di Sumatera terbilang mahal, tetapi harga burung gelatik wingko di Jawa terbilang murah.

Penamaan yang bertolak belakang pada burung ini didasari pada letak geografis Indonesia. Burung gelatik batu juga adalahburung yang paling ditelusuri dan digemari oleh semua pecinta burung pada jenis burung gelatik. Burung jantan gelatik batu atau wingko mempunyai kepala berbulu yang berwarna hitam pekat. Sedangkan guna burung betina gelatik batu atau wingko mempunyai warna bulu kepala abu-abu.

Mayoritas warna tubuh dari burung gelatik batu atau wingko ini merupakan hitam. Dengan tidak banyak warna putih yang ada pada burung gelatik batu menyerahkan kesan buah pena yang menarik. Mulanya populasi burung gelatik batu dalam bahaya punah, tetapi sudah tidak sedikit pecinta burung yang mengerjakan penangkaran guna burung gelatik batu.

Gelatik batu bisa dijumpai pada lokasi hutan mangrove, padang rumput, pantai, pekarangan rumah, dan sawah. Harga gelatik batu juga terbilang relatif standar, harga burung gelatik batu berkisar antara Rp. 500.000,- sementara harga guna anakannya merupakan Rp. 100.000 sampai Rp. 150.000.


2. Burung Gelatik Jawa

Oryzivora, tak lain ialah nama latin dari burung gelatik jawa. Dibandingkan jenis burung gelatik lainnya, burung gelatik jawa mempunyai panjang tubuh yang berkisar 15 cm. Gelatik jawa berciri khas dengan warna bulu unsur perutnya yang coklat kemerahan. Dan memiliki bulatan berwarna merah di lokasi matanya.

Uniknya lagi, burung gelatik jawa yang masih muda mempunyai warna bulu tubuh yang cokelat, tetapi akan pulang menjadi abu-abu saat sudah dewasa. Dengan kaki yang berwarna merah muda, burung gelatik jawa tidak sedikit digemari penyuka burung.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Cara Menjinakkan Parkit

Serupa dengan namanya yakni gelatik jawa, burung ini ada di distrik Jawa dan sekitarnya yang berjajaran yakni Bali dan Madura. Makanan yang biasa ia makan merupakan buah-buahan, serangga, dan biji-bijian. Karena itu, burung gelatik jawa tidak sedikit ditemukan bergerombol bareng kelompoknya. Kemampuan burung gelatik yang gampang beradaptasi juga ada pada burung gelatik jawa ini, ketika ini eksistensi burung gelatik jawa telah tersebar sampai distrik Sulawesi, Maluku, dan wilayah lainnya.

Meski tidak seistimewa burung gelatik batu, harga burung gelatik jawa dibandrol dari mulai Rp. 100.000 sampai Rp. 300.000. Harga burung tersebut telah sangat sesuai dengan segala keanehan dan keterampilan yang dipunyai oleh burung gelatik jawa.


3. Burung Gelatik Albino / Burung Gelatik Putih

Padda Oryzivora, nama latin dari seekor burung gelatik berwarna putih bersih atau yang biasa dinamakan dengan albino. Seperti namanya yang berisi makna putih, burung gelatik ini mempunyai bulu yang berwarna putih bersih. Hiasan patuk yang berwarna merah dan lebar menjadi penyokong penampilan cantik burung gelatik albino atau gelatik putih ini.

Meskipun tidak terdapat yang memisahkan untuk warna gelatik jantan dan betina pada jenis gelatik putih ini, tetapi perbedaan postur tubuh dan suara kicauannya sudah menjadi pembeda antara gelatik putih jantan dan gelatik putih betina. Seperti pada umunya burung gelatik, gelatik putih juga menjadikan suara kicauan sebagai pembeda antara gelatik putih jantan dan gelatik putih betina. Suara yang dikeluarkan gelatik putih jantan bakal lebih bervariasi dikomparasikan suara gelatik putih betina. Bagi lebih jelasnya ciri burung gelatik jantan dan betina merupakan sebagai berikut:

Ciri-ciri gelatik putih jantan:

  1. Postur tubuhnya lebih banyak dari betina.
  2. Mata lebih tajam dan lebih terang.
  3. Pangkal paruhnya tampak lebih merah dari betina.
  4. Memiliki variasi suara yang lebih banyak.

Ciri-ciri gelatik putih betina:

  1. Postur tubuhnya lebih kecil.
  2. Paruhnya tampak lebih pucat.
  3. Hanya mempunyai satu variasi suara.
Yuk Baca Artikel Lainnya:  Cara Merawat Burung Pleci

White Java Sparrow menjadi julukan tersendiri untuk burung gelatik putih ini. Mungkin sebab warna albinonya yang bertolak belakang dengan jenis burung gelatik pada umumnya. Mengapa ada unsur nama Java di dalamya? Karena menurut keterangan dari sejarah burung finch, gelatik putih atau albino ini berasal dari nenek moyang gelatik jawa yang bermutasi genetika. Beberapa sumber pun menuliskan bahwa memang tidak terdapat bedanya antara burung gelatik jawa dan burung gelatik albino atau putih di samping pada warna bulunya saja.

Harga burung gelatik putih atau gelatik albino di pasaran lumayan mahal, harganya dapat mencapai kisaran Rp. 800.000 sampai Rp. 1.000.000 per ekornya. Tentunya urusan ini diakibatkan oleh cantiknya burung gelatik albino atau putih ini.


Harga Burung Gelatik Semua Jenis

Untuk lebih jelasnya, berikut susunan harga burung gelatik dari sekian banyak macam jenis:


Demikian Sekilas Mengulas Tentang 8 Daftar Harga Burung Gelatik: Karakteristik dan Jenisnya

Semoga Bermanfaat yang Disampaikan. Terima Kasih…!!!


Baca Juga :


Jangan Lupa Share Guys …!!!

Nur Kholifah adalah blogger Wanita Indonesia, yang sangat menyukai game dan Aplikasi. Saat ini ia menulis untuk Dota2.Co.Id, karena saya memiliki banyak pengetahuan tentang dunia game.