Harga Burung Cucak Ijo

Hello guys, selamat datang website Dota 2 Indonesia. Saya akan berbincang-bincang tentang “Harga Burung Cucak Ijo“. Berikut ulasannya secara lengkap dibawah ini:

Harga-Burung-Cucak-Ijo

Di kalangan semua pecinta burung kicau hias, burung cucak ijo (Genus Chloropsis) bukanlah urusan yang asing lagi. Sama halnya dengan namanya, burung cucak hijau paling didominasi oleh warna hijau dan mempunyai ukuran dengan rata-rata selama 22 cm. Habitat burung cucak ijo ialah wilayah dataran rendah sampai mencapai elevasi 1.000 mdpl.

Seperti jenis burung kebanyakan, cucak ijo memakan nektar, serangga dan buah-buahan. Selain sebab warna hijaunya yang khas burung ini juga disukai karena kicauannya yang merdu dan nyaring. Hal tersebut pun mempengaruhi harga burung cucak ijo di pasaran.


Jenis-jenis Burung Cucak Ijo

Harga dari burung cucak ijo paling bergantung pada jenis dan keterampilan kicauannya. Berikut adalahjenis-jenis burung cucak ijo yang tidak jarang dibudidayakan di Indonesia:


1. Burung Cucak Ijo Banyuwangi

Sesuai dengan namanya burung kicau hias ini berasal dari wilayah Banyuwangi. Nama latin dari burung ini ialah Chloropsis Sonnerati. Burung cucak ijo banyuwangi ialah salah satu jenis burung cucak ijo yang paling disukai dan diminati. Kicauan yang sangat estetis dari cucak ijo banyuwangi menciptakan para peminat burung hias terpukau dan menjadikan burung ini pilihan.

Dari segi morfologis burung ini mempunyai warna hijau pekat di tubuhnya dan warna hitam pada paruh dan beberapa lehernya. Harga burung cucak ijo banyuwangi dewasa (indukan) dibandrol pada kisaran harga Rp. 1 juta sampai Rp. 1,5 juta.


2. Burung Cucak Ijo Mini

Bagi anda yang ingin gemar merawat burung kicau hias dengan ukuran kecil, burung cucak ijo mini ialah pilihan yang paling tepat. Burung cucak ijo mini sendiri mempunyai nama latin Chloropsis cyanopogon. Sesuai dengan namanya, burung cucak ijo jenis ini mempunyai ukuran tubuh yang lebih kecil dibanding jenis cucak ijo lainnya, yakni sekitar 17 cm.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Harga Burung Parkit

Secara morfologis, cucak ijo mini pun memiliki karakteristik warna yang gampang dijumpai yakni hijau matang sampai hijau gelap. Meskipun ukurannya yang mini, burung ini dapat menghasilkan suara kicauan yang merdu dan nyaring. Dari segi nilai jual, harga burung cucak ijo mini di pasaran berkisar Rp. 500 rb dan harga sangat tinggi selama Rp. 550 rb, harga yang relatif lebih murah dibanding jenis cucak ijo lainnya.


3. Burung Cucak Ijo Gambang Suling

Di antara jenis-jenis cucak ijo yang tidak jarang digemari, varietas burung ini mempunyai harga yang spektakuler tinggi, yakni mempunyai nominal puluhan juta bahkan sampai Rp. 100 juta! Burung cucak ijo gambang suling adalahsalah satu burung hias yang tidak jarang diikutsertakan dalam kontes dan sudah paling dikenal dengan suara kicauannya yang paling piawai, serupa dengan buaian gambang suling yang merdu.


4. Burung Cucak Ijo Kalimantan

Jenis cucak ijo yang satu ini berasal dari distrik borneo, Kalimantan. Berbeda dengan jenis cucak ijo yang lainnya, burung ini memiliki keanehan pada ciri fisiknya yakni adanya garis atau semburat berwarna biru cerah yang melintang pada unsur tepi sayap sampai ekornya.

Selain tersebut kicauan dari burung cucak ijo kalimantan lebih pelbagai dan tidak monoton. Burung yang mempunyai nama latin Chloropsis Cochinchinensis ini dibandrol dengan harga Rp. 600 rb guna anakan sampai Rp. 1 juta guna dewasa/indukan.


5. Burung Cucak Ijo Sumatera

Jenis cucak ijo yang satu ini memiliki nama latin Chloropsis Venusta. Bentuk jasmani dari burung ini ialah warnanya yang hijau kekuningan dan ada pula warna kuning yang terlihat jelas di unsur atas kepalanya. Cucak ijo dari Pulau Sumatera ini tak kalah menarik dan mempunyai suara merdu laksana jenis cucak ijo lainnya. Bagi harga, burung ini dibandrol mulai dari Rp. 600 ribu sampai Rp. 1 juta.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Cara Membuat Burung Nuri Jinak

6. Burung Cucak Ijo Betina

Salah satu hal untuk menambah performa kicauan burung cucak ijo ialah dengan teknik mengembangbiakannya. Dari segi morfologis, cucak ijo betina mempunyai warna kuning pudar pada lehernya, dan bilamana telah dewasa bakal berganti menjadi warna putih bertolak belakang dengan cucak ijo jantan. Bagi harga burung cucak ijo betina seringkali dibandrol dengan harga yang lebih rendah dibanding pejantan.

Di samping jenis-jenis burung cucak ijo diatas, ada juga sekian banyak jenis burung cucak ijo lainnya yang digemari para penyuka burung hias, laksana cucak ijo jember dan cucak ijo balakan. Jenis burung pejantan ini bakal semakin mahal harganya bilamana burung tersebut telah matang/gacor.

Gacor ialah suatu istilah dimana situasi burung pejantan sudah dapat rutin berkicau dan menghasilkan suara yang nyaring nan merdu. Harga burung cucak ijo gacor dapat mencapai jutaan rupiah. Tergantung jenis dan seberapa estetis kicauan yang dihasilkan.


Harga Burung Cucak Ijo Terbaru

Berikut merupakan susunan tabel menyeluruh harga burung cucak ijo dari anakan sampai cucak ijo gacor:

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Manfaat Mandi Malam Pada Burung Kacer

Harga-harga diatas bisa berubah cocok dengan tahun dan kematangan dari burung cucak ijo. Semakin tidak jarang burung cucak ijo mengekor kontes dan menang (berprestasi), maka bakal semakin tinggi pula harga jualnya. Apabila anda memutuskan guna merawat unggas yang satu ini, pastikan anda mempelajari terlebih dahulu teknik pemeliharaannya supaya nilai jualnya pun cocok dengan yang diharapkan.


Demikian Sekilas Mengulas Tentang 26 Daftar Harga Burung Cucak Ijo Beserta Jenisnya

Semoga Bermanfaat yang Disampaikan. Terima Kasih…!!!


Baca Juga :


Jangan Lupa Share Guys …!!!

Nur Kholifah adalah blogger Wanita Indonesia, yang sangat menyukai game dan Aplikasi. Saat ini ia menulis untuk Dota2.Co.Id, karena saya memiliki banyak pengetahuan tentang dunia game.