Cara Ternak Ikan Mujair

Hello guys, selamat datang website Dota 2 Indonesia. Saya akan berbincang-bincang tentang “Ikan Mujair“. Berikut ulasannya secara lengkap dibawah ini:

Cara-Ternak-Ikan-Mujair

Siapa yang masih tidak kenal dengan ikan mujair? Ikan mujair ini ialah salah salah satu ikan yang amat gampang di kembang biakan. Melakukan budidaya ikan mujair sama sepertihalnya budidaya belut tanpa lumpur, sangat sesuai di jadikan usaha guna menunjang perekonomian anda.

Ikan mujair sendiri mempunyai sejarah singkat nan unik, dimana nama ikan ini dipungut oleh nama penemunya yakni Mujair.

Semenjak di temukan tahun 1983 oleh Mujair, ikan ini tidak jarang kali di beri nama mujair sampai sekarang ini. Budidaya ikan mujair amatlah potensial, dimana dapat menjadi salah satu kesempatan usaha maupun usaha sampingan. Karena ikan ni paling cepat perkembangan dan perkembangannya, walau pada etape dewasa pertumbuhannya akan tidak banyak melambat.

Seekor ikan mujair yang kamu pelihara dapat mempunyai panjang sampai 30 hingga 40 cm. Inilah kenapa para petani ikan sangat menyenangi ikan mujair guna di jadikan ladang usaha yang potensial tidak ubahnya dengan budidaya ikan guppy.

Kandungan dan citra rasa lemak yang ada di dalam daging ikan mujair dewasa paling lezat dan di sukai tidak sedikit orang. Ikan ini bahkan menjadi di antara penyedia protein hewani yang tidak sedikit di cari-cari. Untuk mengerjakan proses budidaya maupun teknik beternak dan memperbanyak ikan mujair ini pun tidaklah sulit. Berikut sudah kami rangkum 15 teknik ternak ikan mujair yang tepat :


Cara Ternak Ikan Mujair

Berikut ini terdapat sejumlah cara ternak ikan mujair, terdiri atas:


1. Memilih dan Membuat Kolam Pemeliharaan atau Pemijahan Indukan

Ini adalah salah satu empang yang kamu butuhkan dalam mengasuh dan memlihara ikan mujair. Dimana nantinya di pakai dalam proses pemeliharaan induk. Biasanya tercipta dari empang tanah yang mempunyai syarat yakni : Memilki pasir pada unsur dasar, suhu air 20 hngga 22 derajat celcius dan kedalaman 40 sampai 60 cm.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Umpan Ikan Mas

2. Pembuatan Kolam Pendederan

Ini merupakan empang penting lainnya di mana bermanfaat sebagai lokasi pemeliharaan dari bibit ikan mujair. Tidak jauh bertolak belakang dengan sistem yang di pakai dalam teknik memelihara ikan koi di empang beton, kamu memerlukan sebuah empang yang mempunyai luas antara 50 sampai 100 m2. Ikan mujair yang di pelihara menjangkau panjang 3 sampai 5 cm ini bakal di pelihara di dalam empang pendederan sekitar 3 sampai 4 minggu.


3. Membuat Kolam Pembesaran

Kolam pembesaran ini ialah kolam urgen lainnya yang nanti akan kamu pakai untuk merawat sekaligus membesarkan embrio ikan yang telah kamu pelihara pada empang pendederan sebelumnya. Biasanya semua peternak ikan tidak menggunakan empang permanen atau empang semen guna jenis empang pembesaran ini sebab tidak bakal jauh bertolak belakang dengan teknik ternak ikan bandeng di empang terpal.


4. Kolam Pemberokan

Ini ialah kolam yang akan kamu pakai nantinya guna penampungan dari hasil budidaya ikan mujair tersebut. Ini pun merupakan empang tempat penampungan hasil panen supaya bisa dimurnikan sebelum nantinya kamu menjual di pasar.


5. Mempersiapkan Semua Peralatan

Beberapa perlengkapan yang nantinya kamu butuhkan guna beternak ikan mujair ialah jala, hapa, pisau, pring secchi, timbangan, baskom maupun arit. Selain sejumlah peralatan yang umum di gunakan tersebut kamu juga dapat menyiapkan sejumlah peralatan lain laksana ayakan, keramba, kekaban dan baskom.


6. Adanya Persiapan Media

Seperti saat masa panen ikan patin empang terpal, kamu memerlukan persiapan media yang memiliki sejumlah tahapan laksana : Pemupukan dan pun pengeringan. Anda butuh mengeringkan secara keseluruhan empang yang di pakai untuk mengerjakan budidaya ikan mujair sekitar 3 atau 4 hari. Lakukan proses pengapuran andai kolam benar-benar sudah kering. Setelah penga[uran kamu bisa mengerjakan proses pemupukan dengan pupuk urea.


7. Memiliih Calon Indukan

Anda tentunya bakal memilih calon induk ikan mujair yang unggul supaya bisa menemukan bibt yang bagus. Berikut ciri-cirinya :

  • Pertumbuhan dan pertumbuhan yang paling bagus dan cepat
  • Memiliki nafsu santap yang tinggi
  • Tahan terhadap sekian banyak parasit, hama maupun serangan penyakit
  • Minimal beratnya ialah 100 gr

8. Sistem Pembibitan

Dalam merawat ikan mujair kamu bisa memakai 3 teknik pembibitan yaitu :

  • Sistem satu empang : ini adalahsistem pemeliharaan dimana empang pemijahan dan empang pendederan melulu menggunakan satu kolam.
  • Sistem dua empang : Ada 2 kolam bertolak belakang antara proses pemijahan dengan proses pendederan.
  • Sistem Platform : Dimana teknik merawat ikan mujair dengan 4 empang berbeda.
Yuk Baca Artikel Lainnya:  Ikan Pembersih Aquascape

9. Proses Pemijahan

Ini adalahrangkaian proses dimana terjadiinya penetasan telur budidaya ikan mujair yang akan dilangsungkan sepanjang musim. Jika kamu telah membuat empang pemijahan, maka tentunya kamu tidak lagi membutuhkan lingkungan eksklusif untuk mengerjakan pemijahan. Kontrol elevasi debit air supaya tidak melalui batas 50 cm. Anda dapat memberikan sejumlah dan gabungan untuk pakan kestra supaya produktivitas dan tingkat kesuburan ikan mujair makin meningkat.

Pakan tambahan ini berupa dedak halus, tepung ikan dan tepung kopra. Proses pemijahan akan dilangsungkan setelah indukan jantan ikan mujair membuahi indukan betina sesudah sarang berlalu di bangun. Induk betina bakal segera mengerjakan pengumpulan telur dan mengeremi telur sampai menetas di dalam mulutnya. Setelah di erami sekitar 5 hari maka bakal terjadi penetasan telur. Setelah bibit berumur 2 minggu maka induk bakal melepas anakan tersebut.


10. Pemeliharaan Bibit Ikan Mujair

Proses pendederan yang di kerjakan dalam proses pemeliharaan bibit ikan mujair melulu akan di pakai ketika ketika telur-telur dari proses pemijahan sudah menetas. Kolam pendederan yang nantinya dapat menampung anakan dari ikan mujair dapat di kerjakan pemeliharaan. Namun pastikan terlebih dahulu bahwa empang pendederan telah benar-benar kering, di beri pemupukan dan di bri pengapuran cocok dengan teknik dan peraturan dan tentunya sudah paling bersih dari ikan-ikan liar.

Langkah selanjutnya dalam proses pemeliharaan bibit ikan mujair ini ialah memberi pakan guna bibit. Penyesuaian antara luas dan banyaknya jumlah penebaran embrio harus di sesuaikan. Pada benik ikan mujair yang tlah berukuran 5 sampai 8 cm maka sudah dapat di bedakan antara jenis kelamin jantan dan betina. Sehingga nantinya akan mempermudah dalam mengoleksi kembali indukan guna pembudidayaan lainnya.


11. Pembesaran Bibit Ikan Mujair

Proses pemeliharaan yang bakal di kerjakan selanjutnya ialah proses pembesaran anakan ikan mujair. Ketika mengerjakan budidaya ikan mujair ini dapat di kerjakan 2 teknik yakni teknik mono kultur dan polikultur.

  • Polikultur : membaur ikan mujair dengan bibit ikan lainnya.
  • Monokultur : Ini merupakan teknik pemeliharaan bibit ikan mujair terbaik. Monokultur bakal di kerjakan pemisahan indukan jantan dan betina, ini adalahsalah satu teknik unggulan andai di bandingkan dnegan sistem polikultur. kita bahkan dapat menggunakan teknik ternak ikan mujair di media sawah. Namun kedalamannya mesti terlebih dahulu di tambah sampai-sampai debit airnya bisa menampung sampai 60 cm debit air. Kemudian kamu bisa menciptakan saluran parit dengan kedalaman 60 sampai 75 cm dengan lebarnya 1 sampai 1,5 m.
Yuk Baca Artikel Lainnya:  Umpan Ikan Tawes

12. Melakukan Pemupukan

Tahapan lainnya ialah proses pemupukan kolam. pemupukan di lakukan supaya produktivitas empang menjadi meningkat dan meningkat. Anda dapat kembali memicu tumbuhnya pakan alami pulang lagi dengan melakukan kegiatan pemupukan. Anda dapat menggunakan pupuk hijau maupun pupuk kandang dengan memakai skala 50 sampai 700 gram m2.


13. Cara Pemberian Pakan

Berikan pakan tambahan jika seandainya kesuburan dari empang pemeliharaan ikan mujair kamu mengalami penurunan. Anda dapat memberikan pakan tambahan berupa gabungan dari dedak halus, tepung kopra dan tepung ikan. Campuran dari komposisi pakan tambahan tersebut bisa kamu gunakan dengan memakai budidaya dari bibit ikan mujair dengan skala yang pas guna diperdagangkan. Anda dapat juga menyerahkan pakan berupa peller yang memakai kadar protein sampai 30 % dengan besaran skala 2 sampai 3 % dari jumlah mutu ikan masing-masing harinya. Pemberian pakan peller dapat dilakukan pada pagi mapun pada senja harinya.


14. Pemberian Pakan Pellet Ikan Mujair

Pemberian pakan berupa pellet guna ikan mujair pun harus di sesuaikan dengan banyaknya takaran yang diperlukan oleh pakan di dalam air dengan sekian banyak syarat dan peraturan yang sudah ada. Media dasar yang dapat menjadi di antara pemberian mesti di samping pakan harian ialah pakan ekstra yang berupa pellet yang sudah berbentuk remahan maupun yang sudah hancur dengan takaran takaran 10% per banyaknya mutu ikan di masing-masing harinya. Anda dapat memberikan pakan ini sampai 3 kali masing-masing hari.


15. Pemeliharaan Kolam atau Tambak

Tentunya kamu harus tidak jarang kali menjaga situasi dan kesucian air di empang budidaya ikan mujair tersebut. Ini bakal memaksimalkan pembesaran ikan mujair dimana air tidak jarang kali bersih, terjaga dan bebas terkontaminasi dari sekian banyak zat berbahaya.


Demikian Sekilas Mengulas Tentang 15 Cara Ternak Ikan Mujair dengan Baik dan Benar

Semoga Bermanfaat yang Disampaikan. Terima Kasih…!!!


Baca Juga :


Jangan Lupa Share Guys …!!!

Nur Kholifah adalah blogger Wanita Indonesia, yang sangat menyukai game dan Aplikasi. Saat ini ia menulis untuk Dota2.Co.Id, karena saya memiliki banyak pengetahuan tentang dunia game.