Cara Penangkaran Jalak Putih

Hello guys, selamat datang website Dota 2 Indonesia. Saya akan berbincang-bincang tentang “Penangkaran Jalak Putih“. Berikut ulasannya secara lengkap dibawah ini:

Cara-Penangkaran-Jalak-Putih

Burung jalak putih merupakan burung cantik yang memiliki karakteristik yang dapat disaksikan dengan jelas dari jasmani burung tersebut, yaitu mempunyai tubuh yang didominasi dengan warna putih dan mempunyai sedikit bulu. Di ujung sayap dan ujung ekornya ada bulu berwarna hitam. Ciri khas yang menarik dan tak ditemukan di burung lain. burung jalak putih populer untuk para penyuka burung sebab mempunyai pesona beda berupa badan yang gagah dan paruh tajam, kuat, serta lurus. Kakinya pun panjang, bersuara merdu, dan juga dapat meniru suara burung bahkan fauna lainnya.

Bagi kamu yang tertarik untuk merawat burung populer ini di rumah, mesti untuk mengetahui terlebih dahulu bagaimana ciri khas utamanya dan bagaimana teknik memberikan perawatan yang terbaik untuknya yang penulis kupas dengan jelas pada tulisan kali ini. yuk langsung saja simak tulisan berikut hingga selesai.


Cara Penangkaran Jalak Putih

Berikut ini terdapat sejumlah cara penangkaran jalak putih, terdiri atas:


1. Pahami Karakter Dasar

Burung jalak putih mempunyai karakter yang menarik dan bertolak belakang dari burung lain, ia mempunyai karakter penurut, gampang dijinakkan, sering mempunyai sifat manja pada pemeliharanya. Ia penurut sampai-sampai mudah diajar atau diajarkan sebuah kebiasaan.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Cara Menjinakkan Parkit

ia gampang beradaptasi dengan lingkungan baru dan tidak agresif pada manusia, burung jalak putih andai sudah merasa nyaman dengan pemeliharanya bakal sering menghampiri dan menggesekkan mulutnya sebagai tanda ia hendak dibelai, sebab tersebut ia mesti diperlakukan dengan kasih sayang.


2. Ciri Jalak Putih Jantan dan Betina

Selanjutnya kamu wajib mengetahui karakteristik jalak putih jantan dan betina, jalak putih jantan ukuran tubuh dan kepalanya lebih banyak serta mempunyai postur tubuh yang lebih panjang dan tegak, sementara jalak putih kebalikannya. Jalak jantan suaranya “kek” dan betina “Kik”. Pada jalak jantan wilayah sekitar mata lebih kuning. Ciri khas yang terakhir merupakan pada jalak jantan wilayah dubur berwarna kebiruan dan betina berwarna putih kemerahan.


3. Persiapan Kandang

Untuk penangkaran, pasti wajib menyiapkan sangkar sebagai tempat sehari-hari untuk burung jalak putih tersebut. siapkan kandang permanen dan aman supaya nyaman untuk lokasi tinggal dan proses perkembangbiakan, jenis yang paling sesuai ialah kandang bersekat dengan ukuran 30x25x25 cm.

Siapkan pula kandang guna masa pengeraman telur yaitu jenis kandang yang tertutup supaya burung merasa lebih aman sampai-sampai penetasan telur lebih baik. indukan jalak putih yang sedang mengerami telur memerlukan suasana yang tenang, gangguan apapun tergolong dari insan dapat membuatnya stres sehingga mempunyai resiko gagal dalam proses penetasan telur.


4. Jenis Pakan

Berikan pakan yang bergizi guna jalak putih yaitu kroto dan jangkrik. Berikan 20 ekor jangkrik masing-masing hari dan kroto empat sendok santap per hari, jumlah tersebut merupakan jumlah dengan gizi yang sangat tepat untuk perkembangan dan memaksimal kemampuannya.


5. Perawatan Sehari Hari

Dalam teknik penangkaran jalak putih yang perlu diacuhkan ialah perawatan yang tekun dan telaten yakni diantaranya, memandikan jalak putih masing-masing pagi pada jam yang sama, menjemur di lingkungan luar lokasi tinggal yang sejuk dan jauh dari perusakan atau polusi saat sinar matahari masih redup, serta mencukupi keperluan harian makanan dan minuman sehari hari.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Cara Menjinakan Lovebird Muda

6. Usia Matang

Pahami umur matang guna masa kawin supaya proses penangkaran berlangsung lancar, andai umur belum sesuai, resikonya merupakan ia bakal mempunyai birahi yang rendah sampai-sampai proses perkawinan bakal terhambat.

Umur terbaik guna proses kawin bgai jantan ialah 2 tahun dan betina 1 tahun. pada masa tersebut mereka telah dalam umur siap kawin.


7. Kesehatan Pencernaan

Sebagai ekstra untuk mengawal kesehatan pencernaannya, berikan buah pisang secara rutin dengan teknik dipotong kecil kecil dan campur dengan makanannya, buah pisang yang tinggi serat bakal memberi rasa nyaman pada pencernaan jalak putih sampai-sampai metabolisme berlangsung lancar.


8. Cara Menjodohkan

Jalak putih yang telah siap kawin tidak boleh langsung satukan dalam satu kandang karena andai belum jodoh mereka akan cekcok dan andai salah satu kalah bakal mati. Biarkan mereka bersebelahan terlebih dahulu dalam dua kandang bertolak belakang yang didekatkan sekitar 1 sd 2 minggu.

Ciri ciri burung jalak putih yang telah berjodoh merupakan tidur bersebelahan atau berjuang mendekat satu sama lain, segera satukan dalam satu kandang dan simaklah dulu sekitar 1 sd 2 jam apakah mereka cekcok atau tidak, andai mmereka tidak cekcok tandanya mereka sungguh sungguh sudah berjodoh.


9. Pencegahan Penyakit

Berikan vitamin guna daya tahan tubuh secara rutin supaya jalak putih terhindar dari segala jenis penyakit, lazimnya daya tahan jalak putih bakal menurun saat musim pancaroba yang ekstrim, sehingga memerlukan tambahan vitamin yang berkualitas.


10. Kebersihan Lingkungan

Jangan tak sempat senantiasa menjaga kesucian tubuh dan lingkungan jalak putih, jalak putih merupakan burung yang tidak menyenangi lingkungan yang kotor, dalam situasi demikian mereka menjadi gampang stres dan agresif sebab merasa tidak nyaman.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Cara Mengatasi Kutu Pada Burung Kacer

11. Multivitamin

Berikan pula vitamin untuk menjaga nafsu makan supaya senantiasa mau santap makanan bergizi masing-masing hari, berikan dalam format olahan atau pun dapat diserahkan multivitamin dari bahan bahan alami laksana madu yang dicampurkan dalam makanan atau minumannya.


12. Pencegahan Stres

Sekali masa-masa dekatkan ia dengan keadaan alam sepeprti ajak jalan jalan di lokasi yang sejuk dan pepohonan atau putarkan suara alam melewati musik rekaman, urusan tersebut akan membuatnya merasa sedang di alam dan terhndar dari stres.


13. Perlindungan dari Predator

Cara penangkaran jalak putih yang terakhir merupakan dengan melindunginya dari sekian banyak hewan predator laksana kucing atau anjing yang bisa membuatnya ketakutan, jauhkan snagkar mereka dari fauna hewan predator supaya tidak dapat digapai atau tidak diganggu.


Demikian Sekilas Mengulas Tentang 13 Cara Penangkaran Jalak Putih Bagi Pemula

Semoga Bermanfaat yang Disampaikan. Terima Kasih…!!!


Baca Juga :


Jangan Lupa Share Guys …!!!

Nur Kholifah adalah blogger Wanita Indonesia, yang sangat menyukai game dan Aplikasi. Saat ini ia menulis untuk Dota2.Co.Id, karena saya memiliki banyak pengetahuan tentang dunia game.