Cara Penangkaran Anis Merah di Rumah

Hello guys, selamat datang website Dota 2 Indonesia. Saya akan berbincang-bincang tentang “Penangkaran Anis Merah“. Berikut ulasannya secara lengkap dibawah ini:

Cara-Penangkaran-Anis-Merah-di-Rumah

Anis merah adalah salah satu jenis burung kicau yang paling populer di kalangan kicau mania dan tidak tidak banyak yang mengawali usaha guna ternak burung anis merah tersebut. Dalam penangkaran anis merah, diperlukan teknik dan teknik tersendiri karena jenis burung ini lumayan sulit guna diternakkan khususnya andai kamu belum mempunyai pengalaman sebelumnya.

Anis merah tidak hanya dapat ditemukan di distrik Indonesia tetapi juga sejumlah negara lainnya laksana Bhutan, Bangladesh, Kamboja, India, China, Malaysia, Nepal, Laos, Thailand, Srilanka dan pun vietnam.

Habitat pribumi anis merah seringkali hidup di kebun kopi dan pun hutan yang berada dekat dengan aliran sungai laksana sungai kecil dan lembah. Untuk kamu yang hendak memelihara atau teknik budidaya burung anis merah, sebagai berikut kami punya sejumlah cara penangkaran anis merah di lokasi tinggal yang dapat dijadikan petunjuk dan pemeliharaan.


Cara Penangkaran Anis Merah di Rumah

Berikut ini terdapat sejumlah cara budidaya ikan gurame di kolam tanah, terdiri atas:


1. Menyiapkan Bakalan Burung

Cara penangkaran anis merah yang kesatu ialah dengan menyiapkan 2 ekor burung anis merah yaitu jantan dan betina yang telah siap kawin. Untuk usia jantan antara 1 sampai 2 tahun dan guna betina paling tidak 1 tahun. Tanda burung anis merah yang telah siap kawin ialah suara atau bunyi jantan yang semakin keras saat memburu betina pertanda hendak kawin. Sedangkan guna ciri betina siap kawin biasanya bersiul dan mengepakkan sayap ke arah bawah dengan istilah “ngeleper”, “mesawat” atau “mbebek”.


2. Menyiapkan Sangkar atau Kandang

Sesudah bakalan didapatkan, maka kandang atau sangkar pun harus disiapkan supaya proses kawin dapat berjalan dengan mudah. Kandang guna burung anis merah umumnya tercipta dari kayu. Kondisi kandang mesti nyaman agar burung anis merah dapat mudah bertelur.


3. Menjodohkan Burung Anis Merah

Menjodohkan burung dilaksanakan dengan menanam masing masing burung pada sangkar yang berbeda. Sangkar mesti berukuran sedang dan tidak terlampau besar yang didekatkan antara sangar satu dengan lainnya guna proses pengenalan. Perjodohan lazimnya terjadi dalam sejumlah hari sampai seminggu. Selama proses perjodohan ini, tingkah laku burung dapat diperhatikan dan andai sudah tampak saling berdampingan atau jantan telah mulai perhatian dengan betina, maka proses perjodohan sudah sukses dan siap untuk dibulatkan dalam kandang laksana ciri ciri burung merpati inginkan bertelur.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Manfaat Garam Untuk Burung Lovebird

4. Menyiapkan Sangkar Penangkaran

Seperti teknik memelihara burung puyuh di lokasi tinggal yang mesti memperhatikan dari sisi sangkar, sangkar burung anis merah pun harus diacuhkan dimana yang ideal guna penangkaran burung anis merah ialah 50 cm x 50 cm x 50 cm yang adalahukuran paling tidak kandang. Jika hendak membuat yang lebih besar pun semakin ideal. Ada sejumlah hal yang mesti diacuhkan pada saat menciptakan sangkar penangkaran anis merah yakni:

  • Sangkar mesti mudah dimurnikan khususnya unsur alas agar tidak berjamur dan kotor.
  • Siapkan bahan menciptakan sangkar laksana batok kelapa, anyaman rotan, bambu, sabut kelapa, daun cemara kering dan pun jerami.
  • Proses penciptaan sangkar dapat dilakukan manual atau mengandalkan burung itu yakni dengan melulu menyiapkan bahan dalam sangkar yang nantinya akan digarap sendiri oleh burung.

5. Pemberian Pakan

Pemberian pakan burung anis merah tetap mesti diacuhkan dan menjadi unsur terpenting laksana halnya teknik beternak burung parkit. Selama proses perjodohan dan agar burung dapat kawin dengan cepat, maka pakan tambahan harus diserahkan berupa voer yang diserahkan sekali sebagai pakan sekunder. Sedangkan guna pakan utamanya berupa cacing tanah.

Untuk jangkrik dapat diberikan sejumlah 20 sampai 30 ekor guna burung betina sehingga dapat cepat bertelur. Jika telah bertelur, maka pemberian jumlah pakan dapat dikurangi, sedangkan untuk kroto diserahkan sebanyak 1 cepuk masing-masing hari. Supaya anakan atau piyik berkualitas, maka induka dapat diberi pakan ekstra berupa pisang, pepaya atau apel.


6. Perawatan Anis Merah

Berbeda dengan perawatan murai batu dorong ekor, anis merah adalahburung yang menyenangi udara dingin atau sejuk sehingga ketika pagi dan senja harus dipancar pada unsur bawah sangkar agar lembab dan dingin. Di samping itu, anis merah pun harus dimandikan 2 kali sehari, pagi dan senja atau malam. Selain dipancar juga dapat diberikan bak mandi kemudian dianginkan sekitar 30 menit sampai 1 jam sebelum dimandikan.


7. Perawatan Telur Anis Merah

Agar telur burung anis bisa berbobot | berbobot | berkualitas super, maka selain diserahkan pakan tambahan laksana yang sudah disebutkan diatas, maka dapat diberikan vitamin tambahan seperti BMR sekitar sekitar 1 minggu.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Cara Merawat Burung Pleci

8. Mengontrol Anis Merah

Tingkah laku burung anis merah paling penting diacuhkan khususnya ketika sudah masuk masa birahi atau belum. Apabila di antara burung belum masuk masa birahi, maka jangan dibulatkan dulu sebab bisa berduel dan mengakibatkan burung jadi stres sampai-sampai menghambat proses perkawinan dan bertelur.


9. Perawatan Anakan Anis Merah

Burung anis merah betina lazimnya akan bertelur sejumlah 2 sampai 4 butir telur. Dalam masa-masa 2 minggu ke depan, maka induk bakal mengerami telur hingga menetas dan selama 2 minggu maka telur bakal menetas. Cara terbaik dalam perawatan anis merah ialah tetap disatukan bareng dengan induk hingga sekitar 1 sampai 2 bulan baru dapat dipindahkan pada kandang terpisah.


10. Sanitasi Kandang

Sanitasi kandang pun menjadi unsur terpenting dalam penangkaran anis merah. Sanitasi yang baik akan menyerahkan lingkungan hidup yang pun baik sampai-sampai akan dominan pada proses tumbuh kembang anis merah. Beberapa urusan yang mesti diacuhkan dalam sanitasi kandang penangkaran anis merah diantaranya merupakan:

  • Membersihkan kandang masing-masing hari
  • Membersihkan lokasi pakan, minum dan bak mandi masing-masing hari.
  • Mengganti pakan dengan yang baru masing-masing hari
  • Mengganti tanah sebagai dasar kandang masing-masing hari.

11. Panen Anakan Anis Merah

Anakan anis merah dapat dipanen ketika sudah menginjak usia 3 minggu atau dapat juga lebih lama untuk menantikan anak burung dapat mandiri dan terpisah dari induk.


12. Mendongkrak Birahi Anis Merah

Untuk menaikkan birahi anis merah supaya bisa cepat kawin dan bertelur, maka dapat di dongkrak dengan burung yang sejenis atau menyerahkan hormon testoreron khusus guna burung anis merah sebab bisa jadi anis merah itu memang kelemahan hormon testoteron secara genetik.


13. Mandi dan Jemur Anis Merah

Anis merah tergolong jenis burung yang habitatnya berasal dari tumbuhan atau pohon berukuran rendah. Oleh sebab itu, anis merah tergolong jenis burung pesolek yang sangat menyenangi mandi seperti dipancar atau dengan menggunakan bak seperti teknik memandikan perkutut dan mesti dilaksanakan dengan tertata dilanjutkan dengan menjemur. Semua ini mesti dilaksanakan supaya situasi birahi anis merah dapat tetap stabil.


14. Perawatan Bulu Anis Merah

Seperti jenis burung lainnya, anis merah pun mengalami proses mabung atau nyulam yaitu perontokan bulu. Jika sekitar 3 sampai 5 hari bulu halus yang rontok sedikit, maka ini berarti burung anis merah sedang nyulam. Alan tetapi andai bulu halus dan besar rontok, maka burung itu sedang dalam proses mabung.

Pada ketika burung anis merah mabung, maka pemberian jangkrik mesti dihentikan dan diganti dengan kroto 1 kali sehari sejumlah 1 sendok teh, pisang atau pepaya dan dimandikan 1 kali sehari namun tidak dijemur dan full kerodong. Jika bulu telah tumbuh kembali nyaris 95%, maka mesti diembunkan dengan teknik membuka kerodong pada jam 4 sore sampai jam 6 pagi kemudian dijemur sekitar 15 hingga 20 menit. Pemberian jangkrik juga dapat dilakukan pulang dan terus ditambahkan seiring dengan performa burung anis merah yang pun kembali normal.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Harga Burung Ciblek

15. Pakan Ramuan Anis Merah

Agar kualitas anis merah dapat lebih bagus, maka pemberian pakan ramuan dapat diberikan untuk menambah stamina dan kesehatan burung sekaligus menanggulangi anis merah yang tidak inginkan berbunyi. Anis merah yang mogok bunyi tentunya pun akan menurunkan harga jual dari anis merah tersebut.

Pemberian pakan ramuan anis merah merupakan gabungan dari tepung cabai sejumlah 1 sendok dan diperbanyak dengan 1 sendok voer yang diserahkan saat sedang diembunkan hingga jam 7 pagi. Pakan ini jangan diserahkan saat matahari sudah lumayan tinggi yaitu diatas jam 7 pagi. Apabila diserahkan saat panas, maka dapat merontokkan bulu sebab burung kepanasan. Jika tidak dapat memberikan pakan ramuan di pagi hari, maka dapat diberikan pada senja hari selama jam 5.


16. Mengatasi Anis Merah Ngecir

Burung jantan dan betina anis merah biasanya suka ngecir laksana halnya ciri ciri pleci merapi. Anis merah jantan yang suka ngecir menandakan burung itu tidak berada dalam situasi yang prima, sementara untuk betina anis merah yang suka ngecir menjadi pertanda andai burung itu sedang birahi. Agar meyakinkan kesehatan burung anis merah, maka cukupi keperluan nutrisi, vitamin, mineral dan mesti terbebas dari parasit baik parasit dari dalam maupun luar tubuh burung. Jika burung terpapar parasit, maka mesti segera ditanggulangi dengan teknik menjemur dan mencukupi keperluan vitamin D.


Demikian Sekilas Mengulas Tentang 16 Cara Penangkaran Anis Merah di Rumah dengan Baik dan Benar

Semoga Bermanfaat yang Disampaikan. Terima Kasih…!!!


Baca Juga :


Jangan Lupa Share Guys …!!!

Nur Kholifah adalah blogger Wanita Indonesia, yang sangat menyukai game dan Aplikasi. Saat ini ia menulis untuk Dota2.Co.Id, karena saya memiliki banyak pengetahuan tentang dunia game.