Cara Merawat Ikan Cupang Agar Ekornya Bagus

Hello guys, selamat datang website Dota 2 Indonesia. Saya akan berbincang-bincang tentang “Merawat Ikan Cupang “. Berikut ulasannya secara lengkap dibawah ini:

Cara-Merawat-Ikan-Cupang-Agar-Ekornya-Bagus

Ikan hias Cupang ialah ikan hias aduan yang juga sesuai di pakai sebagai ikan hias cantik. Salah satu unsur ikan hias cupang yang bagus ialah sirip, dasi, dan pun ekornya. Untuk menciptakan ikan hias cupang memiliki format dan warna yang estetis pada unsur tersebut, pasti sobat mesti rajin mengerjakan perawatan dan pemeliharaan yang tepat.

Nah sobat, apakah ekor, sirip ikan hias cupang dapat tumbuh kembali sesudah robek atau patah? jawabannya ialah bisa. Ekor ikan hias cupang bakal tumbuh dengan sendirinya. Namun ada sejumlah cara yang dapat sobat kerjakan jika hendak ekor ikan hias cupang bagus dalam suasana bagus ataupun pernah terluka ekornya, yuk simak lengkapnya.12 Cara Merawat Ikan hias Cupang Agar Ekornya Bagus


Cara Merawat Ikan hias Cupang Agar Ekornya Bagus

Berikut ini terdapat sejumlah cara merawat ikan hias cupang agar ekornya bagus, terdiri atas:


1. Kualitas Air

Mengganti air masing-masing hari ialah hal yang mesti sobat kerjakan jika hendak ekor ikan hias cupang yang sobat pelihara dapat tumbuh dengan bagus, air yang bersih bakal memancing perkembangan ekor ikan hiascupang dengan sendirinya. Air dapat sobat ganti semuanya atau melulu sebagian saja.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Harga Ikan Mas

2. Beri Daun Ketapang

Berikan daun ketapang kering kedalam aquarium ikan hias cupang, daun ketapang kering tersebut bermanfaat sebagai antibiotik alami yang dapat membantu menyembuhkan sekian banyak macam luka atau ekor yang robek pada ikan hiascupang, dengan menambahkan daun ketapang pada aquarium pH air didalamnya bakal normal.

Air yang diserahkan hias daun ketapang itu akan pulang menjadi warna kuning. Dan ingat, daun ketapang yang baik yakni daun yang diperoleh dari wilayah pesisir pantai.


3. Berikan Garam

Berikan pun garam, garam ikan hias bermanfaat sebagai penyeimbang osmosis dalam tubuh ikan hiascupang. urusan itu juga akan menolong penyembuhan luka dan menstabilkan tubuh ikan hias cupang dampak metabolisme tubuhnya yang tidak bekerja dengan tepat. Takaran garam ikan hias yang diserahkan hias ialah 0,1% dari air, atau setara dengan 10 gram garam yang mengandung 1 liter air.

Jangan terlalu tidak sedikit memberi garam ikan hias, bila melulu untuk memperbagus siripnya saja tidak banyak sudah cukup, takaran pada garam ikan hias paling tinggi, jadi terlampau bahaya untuk ikan hiascupang bila diserahkan terlalu tidak sedikit .


4. Pakan yang Bergizi

Berikan ikan hias cupang pakanan yang bergizi, gizi yang lumayan juga akan menciptakan ekor ikan hiascupang memanjang dengan paling tepat, sejumlah pakan yang baik untuk pertumbuhan ekornya ialah jentik nyamuk, kutu air. jentik nyamuk telah cukup dapat membuat ekor ikan hias cupang lekas bagus.


5. Jika Ekor Patah

Masa pengobatan ekor ikan hiascupang 1-2 minggu, tergantung dari seberapa parah rusaknya ekor ikan hias cupang tersebut. Jika tulang sirip yang patah dapat memakan waktu sampai berbulan bulan hingga ekor tumbuh dengan sempurna. sobat dapat memberinya metil biru, yang dapat sobat beli di toko kebutuhan ikan.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Perbedaan Ikan Lele Jantan dan Betina

6. Pilih Bibit Ikan Hias yang Bagus guna dibudidayakan

Pilihlah ikan hias cupang yang ekornya lebar dan seritnya tebal, tidak boleh yang tipis (karena andai tipis gampang terkena penyakit, dan akibatnya seritnya bakal menjadi keriting). Bentuk ekor kalau dapat 180 derajat (biasa dinamakan Halfmoon), sebab perkembangan ekornya bakal memanjang (usahakan tidak boleh memilih yang ekornya tidak cukup lebar), sebab sewaktu ikan hias cupang tersebut berkembang menjadi besar antara ekor dan siripnya terdapat celah sehingga tidak cukup bagus.


7. Pilih Ikan Hias Cupang dengan Ekor Rapi

Bentuk ekor serit ikan hias cupang mesti sama dan rapi.Letak Ekor dengan badan ikan hias mesti di tengah benar-benar seimbang, tidak boleh agak menjorok ke atas.


8. Badan Ikan Hias Cupang yang Bagus

Pilihlah ikan hias cupang yang badannya besar, tidak boleh yang memanjang, sebab memanjang maka pada ketika ikan hias tersebut berkembang menjadi besar antara ekor dan siripnya bakal ada celah.(kurang rapat)


9. Ciri Pangkal Ekor Cupang yang Berkualitas

Pangkal ekornya cupang mesti tebal, andai tipis maka pada saat pertumbuhan ikan hiascupangnya tidak meningkatkan lebar dari ekornya.


10. Hindari Kebiasaan yang Merusak Ekor Ikan Cupang

Pilihlah ikan hiascupang yang senang bermain di dasar atau tengah air, karena bila ikan hiascupang yang tidak jarang bermain di atas bisa jadi ekor yang lebar itu urat dari seritnya itu akan patah.


11. Mengatasi Kebiasaan Berenang Ikang Cupang yang Buruk dan Merusak Ekor

Jika ikan hias yang sobat sukai tidak jarang bermain di permukaan air, caranya supaya ikan hias itu tidak bermain di atas ialah sekat yang untuk memblokir akuarium diblokir setengah saj (dari atas ketengah), jadi yang terlihat melulu dari unsur tengah ke bawah.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal

12. Tips Agar Warna Ekor Cupang Bagus dan Rapi

Jika sobat memilih ikan hiascupang warna kombinasi, kalau dapata warna di ekor dan disiripnya sempurna. Begitu pula bila memilih ikan hiascupang warna dasar, tidak boleh ada warna beda dari ikan hiascupang itu kalau dapat dasinya tersebut pun harus sama dengan warna ikan hiascupangnya. Biasanya ikan hiascupang dalam kelompok warna dasar dasinya berwarna merah.Pilihlah ikan hiascupang yang serit di siripnya atau ekornya tidak boleh ada yang transparan.


13. Jika Ikan Cupang Sakit

Tips bilaikan hias cupang sobat sakit :

  • Air 1/2 Liter.
  • Garam dapur atau Garam ikan hias (2 sendok pakan).
  • Bliz Id atau Methaline blue (5 tetes).
  • Tetra Clor 5 kapsul .
  • Pomate 1 mg.
  • Semuanya diaduk menjadi satu didalam botol aqua 1/2 liter.
  • Botol air minum mineral, tutupnya dilubangi dan diletakkan selang.
  • Kemudian air yang terdapat di botol air mineral diserahkan hias 2 tetes saja masing-masing akuariumnya

Ikan hias sobat bakal berangsur-angsur sembuh dan menjadi sehat


Demikian Sekilas Mengulas Tentang 12 Cara Merawat Ikan Cupang Agar Ekornya Bagus dengan Benar

Semoga Bermanfaat yang Disampaikan. Terima Kasih…!!!


Baca Juga :


Jangan Lupa Share Guys …!!!

Nur Kholifah adalah blogger Wanita Indonesia, yang sangat menyukai game dan Aplikasi. Saat ini ia menulis untuk Dota2.Co.Id, karena saya memiliki banyak pengetahuan tentang dunia game.