Cara Menjinakan Burung Manyar

Hello guys, selamat datang website Dota 2 Indonesia. Saya akan berbincang-bincang tentang “Burung Manyar“. Berikut ulasannya secara lengkap dibawah ini:

Cara-Menjinakan-Burung-Manyar

Buat kalian yang hendak memelihara burung manyar, kalian tidak dapat memandangnya sebelah mata. Karena burung ini tergolong burung menarik yang mempunyai kemampuan dapat meniru sekian banyak jenis suara. Kalian tidak boleh heran andai burung manyar dapat mempunyai kicauan yang bervariasi.

Tapi tentunya seluruh ini tergantung pada perawatan serta teknik pemasterannya. Jadi kalian mesti tambahan dalam urusan perawatan dan pemasteran bila hendak burung manyar dapat tampil dengan maksimal. Apalagi andai kalian hendak mengikuti mereka pada kontes burung.

Manyar sendiri adalah jenis burung dari family Ploceidae. Sebenarnya terdapat tiga jenis burung manyar yang sangat sesuai untuk dijadikan sebagai burung master. Tiga jenis ini mencakup manyar tempua, manyar emas, serta manyar jambul.

Walaupun jenis itu sesuai untuk dijadikan master. Kalian tetap mesti tahu bagaimana metodenya menjinakan burung manyar lagipula yang masih liar. Burung Manyar sendiri ada sejumlah yang memiliki mahkota berwarna kuning atau semanacam jambul di atas kepalanya. Ini adalah salah satu karakteristik yang tidak dimiliki oleh burung kicau jenis lainnya. Burung manyar sendiri memiliki keterampilan unik guna menirukan suara dari burung kicau lainnya. Seperti suara kicau kepunyaan burung cililin maupun kenari.

Di samping memiliki keterampilan yang unik, burung ini pun terkenal sebagai burung pemakan biji-bijian. Tapi burung manyar pun suka santap serangga. Apalagi andai mereka sedang dalam musim kawin maupun pada ketika sedang berkembangbiak. Berikut 13 teknik menjinakan burung manyar yang mesti kalian ketahui.


Cara Menjinakan Burung Manyar

Berikut ini terdapat sejumlah cara menjinakan burung manyar, terdiri atas:


1. Pemberian Makan Secara Rutin

Kalian mesti tahu, andai pemberian serangga dengan teratur sangat dominan positif untuk burung manyar. Ini disebabkan akan menciptakan burung manyar jadi lebih aktif serta rajin guna berbunyi. Tidak melulu lebih rajin berbunyi, burung manyar bakal jadi lebih jinak. Bahkan kalian dapat melatih burung manyar pada ketika memberinya makan.


2. Mencari Tahu Bakalan Burung Manyar

Kalian mesti menggali bakalan burung manyar yang paling muda. Sehingga bakal mempermudah proses penjinakan. Dibandingkan dengan burung manyar yang berumur nyaris dewasa. Burung yang masih kecil pun lebih gampang dijinakan dan lebih gampang dilatih.


3. Kandang digantungkan dengan Rendah

Jangan lupa guna menggantang burung manyar dengan rendah. Bahkan serendah mungkin, kalian juga dapat menempatkan kandang di lingkungan yang ramai atau sering dilewati oleh orang-orang. Dengan begiti, burung bakal terbiasa dan jinak andai bertemu dengan orang. Keramaian akan menciptakan burung manyar lebih gampang untuk beradaptasi.


4. Mandikan Burung 3 Kali Sehari

Untuk masalah pemandian, kalian usahakan guna tidak melakukannya sesering mungkin. Sehingga burung menjadi tidak terlampau agresif pada ketika kalian mandikan. Kalian dapat memandikan burung 3 hari sekali atau seminggu sekali. Hal ini akan menolong burung manyar lebih cepat jinak.


5. Berikan Jangkrik 1-3 ekor per Hari

Untuk masalah pangan, kalian dapat memberikan tidak banyak bijian pada ketika menjelang malam hari. Jika menjelang pagi mereka mulai tampak lapar dan gelisah, kalian dapat memberi santap berupa jangkrik 1-3 ekor. Berikan makanan dengan teknik ini masing-masing hari dengan berkala. Sehingga burung manyar bakal mulai menjinak saat berada ditempat keramaian.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Cara Menjinakan Lovebird Muda

6. Jemur Burung Manyar

Pada pagi hari pada burung kalian keluarkan guna diembunkan. Kalian dapat memberikan tidak banyak kroto. Kroto yang kalian berikan mestilah yang masih segar. Kalian juga dapat mencampur dengan tidak banyak parutan buah apel. Sama halnya dengan yang diserahkan pada ciblek maupun tledekan.

Jangan lupa guna menjemur burung sebentar pada ketika matahari terbit. Tapi lebih baik guna menjemur sebelum jam 12. Tapi usahakan supaya burung manyar tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Karena dapat saja sinar matahari mendadak bercahaya terik.

Sinar matahari yang terik bisa berdampak fatal. Bahkan dapat menyebabkan kematian pada burung manyar dikarenakan terpapar serangan heat stroke. Tapi andai penjemuran burung manyar di masa-masa yang pas. Justru bakal memberikan tidak sedikit manfaat untuk burung manyar.


7. Perawatan Kandang Burung

Jangan lupa guna selalu mencuci kandang dengan berkala. Sehingga burung manyar tidak gampang terserang penyakit. Karena menjaga kesucian kandang menjadi di antara dari 13 teknik menjinakan burung manyar. Kebersihan kandang burung manyar adalahsalah satu kriteria yang lumayan penting. Apalagi andai kalian mengharapkan burung manyar tidak jarang kali senantiasa sehat.

Pastikan bikin rutin melemparkan kotoran burung manyar masing-masing hari. Pastikan pun buat mengawal wadah air minum serta biji pada ketika musim hujan.


8. Penggantian Air Minum Secara Rutin

Rutin guna mengubah air minum burung manyar. Sehingga bisa jadi burung manyar sakit dampak minuman yang terkontaminasi dapat terhindar. Air minum bisa berdampak fatal, jadi kalian mesti memperhatikan situasi air. Kalian mesti rutin menyerahkan mereka air bersih. Jangan lupa guna selalu melemparkan air yang tersisa dan menggantinya dengan yang baru.

Karena dapat saja air minum yang lama telah terkontaminasi. Kalian juga tidak boleh pernah menyerahkan air minum dari keran atau ledeng. Karena seringkali air minum ini berisi kaporit yang tidak baik bikin burung. Sangat dianjurkan buat menyerahkan mereka air mineral bermerek. Tapi tidak terdapat salahnya menyerahkan air isi ulang, sebab air ini sudah melalui proses penyaringan sampai-sampai aman guna dikonsumsi.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Cara Penangkaran Jalak Putih

9. Pastikan Suhu guna Burung Manyar

Perhatikan andai cuaca tampak mendung dan bakal hujan. Karena cuaca yang dingin dapat membuat burung sakit disebabkan cuaca yang lembab. Kalian pun harus memperhatikan supaya sangkar butung manyar tidak terpapar angin serta hujan langsung. Kalian dapat meletakannya pada lokasi yang teduh. Atau meletakannya diteras yang beratap.

Apalagi andai sudah menginjak musim penghujan, kalian mesti meletakan sangkar ditempat yang teduh dan kering. Tapi tidak jarang kali perhatikan supaya sangkar tetap dalam linhkungan yang ramai.

  • Pada ketika matahari mulai terbit, berikanlah 2-3 ulat hongkong untuk burung manyar. Ulat hongkong dapat kslian teratur berikan sebagai penambsh vitamin untuk burung manyar.
  • Berbeda lagi andai burung telah dimandikan serta sedang diangin-anginkan, kalian dapat memberikan 2-3 ekor jangkrik kecil.
  • Jangan lupa guna memposisikan tangkringan menyilang serta sejumlah mungkin. Ini akan menciptakan ruang gerak burung menjadi terasa sempit.

Demikian Sekilas Mengulas Tentang 9 Cara Menjinakan Burung Manyar Bagi Pemula

Semoga Bermanfaat yang Disampaikan. Terima Kasih…!!!


Baca Juga :


Jangan Lupa Share Guys …!!!

Nur Kholifah adalah blogger Wanita Indonesia, yang sangat menyukai game dan Aplikasi. Saat ini ia menulis untuk Dota2.Co.Id, karena saya memiliki banyak pengetahuan tentang dunia game.