Cara Mengatasi Mental Burung Kenari

Hello guys, selamat datang website Dota 2 Indonesia. Saya akan berbincang-bincang tentang “Mental Burung Kenari“. Berikut ulasannya secara lengkap dibawah ini:

Cara-Mengatasi-Mental-Burung-Kenari

Dear sobat pembaca semua.. jumpa lagi dengan pengarang yang dengan senang hati membagi wawasan tentang dunia fauna ternak dan pemeliharaannya. Kali ini seperti seringkali penulis akan membicarakan mengenai salah satu fauna ternak favorit, yang dapat dimanfaatkan insan sebagai fauna hias, makanan, juga fauna untuk perlombaan, yaitu burung.

Bagi sobat pembaca yang kegemaran memelihara burung, pastinya tidak asing lagi dengan burung kenari, yaitu burung yng mempunyai suara indah, kencang, dan bervariasi sampai-sampai ia tidak jarang diikutkan dalam sekian banyak kontes. Namun, sering burung kenari merasa belum terbiasa dengan lingkungannya sampai-sampai ia tak mau berkicau dan lebih tidak sedikit diam saat berada di dekat burung kenari lain, terlebih yang mempunyai suara lebih kencang atau lebih superior darinya.

Sebab itu, supaya kondisinya tidak jarang kali fit dan menanggulangi mentalnya yang tidak cukup kuat, butuh untuk diajar sejak dini supaya ia mempunyai rasa percaya diri maksimal dalam sehari-hari atau saat mengikuti kontes, inilah 13 teknik yang dapat sobat kerjakan untuk menanggulangi mental burung kenari.


Cara Mengatasi Mental Burung Kenari

Berikut ini terdapat sejumlah cara mengatasi mental burung kenari, terdiri atas:

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Cara Menjinakan Kacer Grabagan

1. Ciri Kenari dengan Masalah Mental

Sebagai empunya dari burung kenari, pastinya sobat wajib mengetahui bagaimana karakternya, burung kenari mempunyai kekuatan mental yang bertolak belakang tergantung kenyamanannya dalam keseharian, perawatan, dan pengalaman. Burung kenari yang mempunyai masalah mental dapat disaksikan dari kebiasaannya inilah ini :

Saat digantung sendirian di rumah, ia dapat berkicau kencang, tetapi ketika bareng dengan burung kenari lain, ia melulu berkicau sepatah dua patah tak sebagus saat sendirian, bahkan terdiam.
Burung berkicau lantang saat tak terdapat orang atau fauna lain di dekatnya, namun saat ada yang menghampiri ia langsung berhenti berkicau.


2. Sering Letakkan Kenari di Tempat Berbeda

Nah sobat pembaca, andai ciri yang dilafalkan ada pada burung kenari peliharaan sobat, dapat dipastikan ia mempunyai maslaah pada mentalnya. Cara kesatu yang dapat sobat lakukan merupakan dengan tidak jarang sering menggantungkannya di lokasi yang berbeda supaya ia terbiasa dengan keadaan baru dan tidak fobia dengan situasi lingkungan yang bertolak belakang beda.


3. Jangan Biarkan Terlalu Dekat dengan Kenari Lain

Jika sobat mempunyai burung kenari lebih dari 1, tidak boleh dekatkan burung kenari muda dengan yang lebih tua terlampau dekat atau yang bermental baik dengan yang bermasalah mental, di antara yang lebih lemah bakal merasa minder dan bisa membuatnya mental semakin menurun.


4. Sering Bawa Kenari ke Arena Lomba

Sobat usahakan rajin memperkenalkan burung kenari dengan keramaian, tidak jarang ajak burung kenari ke arena kompetisi dan biarkan ia meneliti dari jarak jauh, tujuannya supaya ia terbiasa mendengar suara burung kenari beda yang lebih gacor dan dapat dilakukan sebagai pemasteran saat di rumah.


5. Gantungkan di Tempat Rendah

Ketika sobat telah terbiasa memperkenalkan burung kenari dengan arena lomba, mulai latih ia dengan menggantungkannya dengan posisi laksana di kontes, yaitu digantungkan selama setinggi orang dewasa berdiri tegak. Usahakan lokasi penjemuran tidak jarang menjadi lokasi lalu lalang supaya mudah dipantau dan bebas dari incaran fauna lain, laksana kucing atau anjing.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Harga Burung Kutilang

6. Lakukan Latihan

Dekatkan sangkar burung kenari beda yang usianya nyaris sama dengan jarak paling tidak 100 meter. Biarkan sekitar 30 menit supaya mereka dapat saling emndengar kicauan, setelah tersebut burung kenari dapat diangin anginkan sekitar 15 menit dan diulangi lagi di senja harinya.


7. Berikan Pakan Berkualitas

Berikan burung kenari pakan yang tercipta dari biji bijian kualitas super untuk menambah performanya, tambahkan pun sayuran, buah buahan kering vitamin,, dan bahan beda yang mamu mengisi nutrisinya.


8. Satukan dengan Kenari Lain

Secara rutin, latih mentalnya lebih powerful lagi dengan membulatkan burung kenari bermental baik dan burung kenari yang sedang dalam masa pelajaran untuk berada dalam satu kandang, ketika dua-duanya saling serang, biarkan sampai salah satu kalah, lantas pisahkan dan pindahkan supaya mereka tida saling melihat, sisihkan di sangkar masing masing sejauh 2 meter supaya mereka saling menyahut dan berkicau kencang.


9. Ulangi Latihan Secara Berkala

Lakukan penyatuan 2 burung kenari dengan usia yang nyaris sama secara teratur paling tidak seminggu 2 sd 3 kali sampai keduanya memilki kualitas yang sama, yaitu sama sama dapat berkicau kencang dan lantang serta mempunyai kekuatan mental yang sama, lazimnya burung kenari bakal terbiasa meniru dan mempunyai naluri alami guna bersaing.


10. Jemur dan Lakukan Aktifitas Bersamaan

Ketika burung kenari telah biasa ditandingkan, usahakan supaya mereka terbiasa didekatkan, mslanya dimandikan dan dijemur bersamaan sehingga dapat sering menyaksikan dan tidak jarang adu kemampuan, burung kenari yang merasakan masalah mental lama kelamaan bakal merasa mempunyai kemampuan sebab terbiasa bersaing.


11. Lakukan Pemasteran

Jangan tak sempat untuk mengajar suara burung kenari lebih kencang dengan memperdengarkannya rekaman suara burung kenari yang lebih gacor sampai-sampai ia terus menerus meniru, lakukan penilaian apakah burung kenari telah mempunyai keberanian guna berkicau di keramaian dan tidak merasakan stres ketika disuruh bepergian.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Cara Penangkaran Jalak Putih

12. Dekatkan dengan Kenari Superior di Arena Lomba

Untuk memperkuat mentalnya, tetap ajak burung kenari sobat ke arena lomba dengan jarak yang lebih dekat dengan burung kenari lain, dekatkan ia dengan burung kenari yang berusara lebih kencang dan biarkan ia menyahut untuk mengajar rasa percaya diri sekaligus menjadi ajang guna latihan, dengan begitu ia bakal menjadi semakin siap guna diadu gacor dan dilombakan.


13. Adu Nyali dengan Kenari Lain

Jika burung kenari telah bermental baik, yaitu ditandai dengan telah berani berkicau baik sendirian atau dalam keramaian, mulai biasakan ia dengan persaingan, dekatkan ia dengan burung kenari beda yang mempunyai suara lebih lantang dan kencang, dengan begitu ia bakal terbiasa meniru dan mengekor karakter serta gaya burung kenari yang lebih gacor itu sehingga dapat terus diajar dan nantinya dapat mengikuti kontes dengan percaya diri yang maksimal.


Demikian Sekilas Mengulas Tentang 13 Cara Mengatasi Mental Burung Kenari dengan Baik dan Benar

Semoga Bermanfaat yang Disampaikan. Terima Kasih…!!!


Baca Juga :


Jangan Lupa Share Guys …!!!

Nur Kholifah adalah blogger Wanita Indonesia, yang sangat menyukai game dan Aplikasi. Saat ini ia menulis untuk Dota2.Co.Id, karena saya memiliki banyak pengetahuan tentang dunia game.