Cara Mengatasi Kutu Pada Burung Kacer

Hello guys, selamat datang website Dota 2 Indonesia. Saya akan berbincang-bincang tentang “Kutu Pada Burung Kacer“. Berikut ulasannya secara lengkap dibawah ini:

Cara-Mengatasi-Kutu-Pada-Burung-Kacer

Burung kacer merupakan burung hias dan burung kicau yang memiliki tidak sedikit penggemar serta menjadi di antara burung kesayangan untuk dipelihara. Burung kacer berasal dari habitat pribumi berupa hutan, perkebunan, padang rumput, dan perladangan lainnya. Kini burung kacer tergolong burung yang dalam bahaya punah sebab banyaknya pemburu yang mengincarnya dan perawatan yang tidak cukup selama proses budidaya sehingga mengakibatkan kematian dini.

Sebagai empunya yang merawat burung kacer, pasti tak mengharapkan hal demikian terjadi. Untuk tersebut perlu mengerjakan perawatan terbaik dan memahami teknik penanganan sekian banyak penyakit salah satunya ialah penyakit kutu pada burung kacer yang bisa terjadi sebab daya tahan menurun atau situasi lingkungan dan perawatan yang tidak maksimal. Tentu tak perlu cemas sebab penulis membicarakan 13 teknik mengatasi kutu pada burung kacer dalam peluang kali ini sampai-sampai dapat dilaksanakan penanganan dan penyembuhan secara langsung. Yuk simak hingga selesai.


Cara Mengatasi Kutu Pada Burung Kacer

Berikut ini terdapat sejumlah cara mengatasi kutu pada burung kacer, terdiri atas:


1. Pahami Gejala Penyakit

Sebelum mempelajari teknik mengatasi kutu pada burung kacer tentu empunya wajib memaham terlebih dahulu apa saja gejalanya yakni burung kacer menjadi menurun performanya sebab sering menyentuh tubuhnya dengan teknik menggarukkan garukkan kaki, urusan demikian umumnya menciptakan bulunya bobrok dan terkadang timbul luka pada kulitnya.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Cara Menjinakan Burung Manyar

2. Gunakan Air Daun Sirih

Cara menanggulangi kutu pada burung kacer merupakan menggunakan obat dari bahan alami yang lebih aman sebab tidak memakai bahan bahan kimia, metodenya ialah rebus daun sirih sejumlah 7 sd 10 helai dengan air secukupnya, angkat dan dinginkan, selanjutnya semprotkan pada tubuh burung kacer secara merata dan pastikan masuk di bulunya unsur dalam.


3. Mandi dengan Daun Sirih

Penggunaan obat daun sirih yang lebih efektif pun dapat dilaksanakan dengan teknik emmandikan secara langsung burung kacer dengan air rebusan daun sirih sampai-sampai air sirih dapat tentang burung secara langsung dan merata, upayakan supaya tidak terus menerus terpapar mata burung, diamkan sekitar 1 sd 2 jam supaya kutu kutu itu beserta telurnya mati.


4. Gunakan Air Cucian Beras

Gunakan pula air cucian beras yang dapat menjebol lapisan lili pada bulu burung kacer sampai-sampai sifatnya tidak melulu melepaskan kutu tetapi pun merontokkan telur kutu dan dan melenyapkan secara total. Lakukan dengan ekstra upaya manual yakni mencungkil kutu dari bulu dengan tangan yaitu dengan teknik ditekan dan diseret dari bulu burung kacer. Penggunaan air cucian beras ini dilaksanakan bersamaan dengan air daun sirih supaya pengobatan dapat berlangsung semaksimal mungkin.


5. Lakukan Hingga Sembuh

Lakukan treatment dengan memakai air daun sirih dan air cucian beras secara intens sampai kutu di burung kacer bisa hilang dan sembuh dengan total. Jika hendak menggunakan obat kutu boleh saja dengan tetap memperhatikan kegunaannya yakni menyerahkan obat kutu yang memang khusus guna burung bukan fauna lain contohnya obat kutu kucing guna burung kacer, tentu mempunyai resiko menimbulkan bahaya sebab kandungan yang berbeda.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Manfaat Garam Untuk Burung Lovebird

6. Berikan Multivitamin

Selama masa sakit ialah hal yang wajar andai burung kacer berkurang nafsu makannya dan berkurang kelincahannya, urusan itu terjadi sebab ketidaknyamanan dalam tubuhnya, guna memaksimalkan kesembuhannya dari dalam dan luar berikan multivitamin sebagai obat dari dalam sampai-sampai kesehatannya tetap terjaga dan ia terhindar dari situasi drop atau situasi yang melemah.


7. Beri Obat Kimia

Obat guna kutu burung kacer terdapat yang berasal dari bahan canggih yakni yang telah diubah dan diproses secara kimia, bentuknya beragam mulai dari obat cair, serbuk, dan pasta. Obat tersebut dipakai jika burung kacer tidak sembuh dengan penyembuhan secara alami karena obat kimia memiliki takaran yang tinggi dan mesti diserahkan dalam takaran yang benar benar tepat.


8. Pastikan Burung Kacer Tidak Flu

Ketika mengerjakan pengobatan dengan obat kutu, pastikan burung kacer tidak dalam situasi flu, karena dalam situasi flu daya tahan tubuhnya sedang melemah dan andai ditimpa dengan obat kutu kondisinya bakal semakin menurun. Upayakan guna menyembuhkan flunya terlebih dahulu baru menyerahkan pengobatan pada kutu.


9. Hindari Lantai

Selalu letakkan burung kacer dalam sangkarnya, hindarkan ia sedang di lantai lagipula berada di lantai yang kotor atau berdebu, situasi demikian mempunyai resiko memudahkan eksodus bakteri ke tubuhnya sampai-sampai dapat menjadi hal resiko penyebab kutu. Jika pemilik menyuruh bermain atau memandikan kerjakan langsung dalam sangkarnya.


10. Jauhkan dari Kondisi Lembab

Hindarkan burung kacer dan sangkarnya dari situasi lembab, misalnya merupakan ketka memandikan atau mencuci sangkarnya, tidak boleh langsung diangkut masuk ke dalam rumah saat kondisinya masih basah, keringkan terlebih dahulu dengan sinar matahari alami atau andai cuaca dingin pakai alat tolong berupa hairdryer eksklusif sangkar atau eksklusif burung kacer yang bisa dibeli di toko perangkat hewan.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Harga Burung Kenari

11. Penjemuran

Lakukan penjemuran secara rutin masing-masing pagi hari saat cahaya matahari mulai bercahaya namun hindari penjemuran dalam situasi terik, penjemuran guna burung kacer beserta sangkarnya bakal meminimalisasi perkembangbiakkan jamur atau kutu baik tersebut di tubuh burung kacer maupun situasi lingkungannya sebab mendapat asupan vitamin alami yang memadai.


12. Rutin Cuci Sangkar

Bersihkan sangkar burung secara total minimal sepekan sekali supaya sangkar tidak jarang kali dalam situasi bersih dan bebas kutu. Cuci dengan sabun antiseptik atau dapat dilaksanakan dengan teknik menyemprotkan cairan antiseptik ke dalam sangkat burung kacer secara rutin. Hal ini urgen untuk proses pencegahan dan pengobatan secara total.


13. Pencegahan lanjutan

Ketika kesembuhan sudah tercapai pasti wajib mencegah supaya burung kacer tidak terpapar kutu lagi yakni dilaksanakan dengan teknik memberikan larutan anti kutu saat membeli burung kacer baru atau saat mendekatkan burung kacer itu pada burung yang lain sampai-sampai akan terhindar dari kuman penyebab kutu dan tidak menular untuk burung lainnya.


Demikian Sekilas Mengulas Tentang 13 Cara Mengatasi Kutu Pada Burung Kacer Bagi Pemula

Semoga Bermanfaat yang Disampaikan. Terima Kasih…!!!


Baca Juga :


Jangan Lupa Share Guys …!!!

Nur Kholifah adalah blogger Wanita Indonesia, yang sangat menyukai game dan Aplikasi. Saat ini ia menulis untuk Dota2.Co.Id, karena saya memiliki banyak pengetahuan tentang dunia game.