Cara Mengatasi Ikan Koki Terbalik

Hello guys, selamat datang website Dota 2 Indonesia. Saya akan berbincang-bincang tentang “Mengatasi Ikan Koki Terbalik“. Berikut ulasannya secara lengkap dibawah ini:

Cara-Mengatasi-Ikan-Koki-Terbalik

Ikan koki ialah salah satu jenis ikan hias air tawar yang berasal dari China, ikan ini memiliki keterampilan adaptasi yang baik dan dapat hidup dimana saja, tergolong di Indonesia. Ikan koki pun dikenal tidak susah dalam proses budidayanya dan paling menguntungkan, ikan koki bisa dipelihara di lahan sempit dan siklus reproduksinya relatif singkat sampai-sampai mempunyai nilai jual yang tinggi.

Bagi sobat pembaca yang senang atau sering menyimak mengenai ikan, tentunya telah tak asing lagi dengan ikan koki, dalam perawatannya, masalah yang sering didatangi ialah gangguan renangnya sampai menyebabkan ikan koki mengambang dengan perut menghadap ke atas atau terbalik sampai terkadang dirasakan sudah mati.

Nah sobat, kali ini pengarang akan menyalurkan wawasan tentang perawatan ikan koki secara khusus, yakni tentang 10 teknik mengatasi ikan koki terbalik, sampai-sampai dapat menjadi petunjuk sobat andai suatu hari mendatangi permasalahan serupa.


Cara Mengatasi Ikan Koki Terbalik


1. Ciri Ikan Koki Terbalik yang Masih Bisa Diselamatkan

Ikan koki yang mengambang dan berenang terbalik mempunyai ciri khusus, yaitu yang masih hidup dan dapat diselamatkan, serta yang telah mati sampai-sampai tidak dapat ditolong, inilah perbedaannya.

  • Ikan koki mengambang dalam suasana terbalik dan masih bernafas, tandanya ikan koki merasakan masalah pada gelembung renangnya dan masih dapat diselamatkan.
  • Ikan koki terus terbenam ke dasar akuarium atau berenang menungging dengan posisi ekor lebih tinggi tetapi masih dapat bergerak, tandanya ikan masih dapat ditolong.
  • Ikan koki yang mengapung dan tidak bernafas, dengan kata lain sudah mati dan tidak dapat ditolong.
Yuk Baca Artikel Lainnya:  Penyakit Pada Ikan Cupang

2. Penyebab Ikan Koki Terbalik

Penyakit pada gelembung renang ikan ialah penyebab ikan koki terbalik, terjadi sebab pembengkakan pada lambung, usus, dan hati ikan koki sebab pola malan yang tidak baik sehingga mengurangi gelembung renang dan mengakibatkan malfungsi. Sebab lain merupakan karena terlalu tidak sedikit udara dalam air, sembelit, dan terlalu tidak sedikit makan sampai-sampai terjadi penimbunan lemak yang menciptakan hati dan ginjal ikan koki membengkak.


3. Bersihkan Akuarium

Cara mula untuk menanggulangi ikan koki terbalik merupakan mencegah infeksi lebih lanjut yang ditandai dengan sirip menguncup, gemetar, dan tidak inginkan makan. Mulailah dengan mencuci akuarium untuk meminimalisir kadar bakteri dalam air, tingkatkan pula suhu dalam akuarium karena suhu terlampau dingin mengakibatkan ikan koki sembelit. Suhu terbaik ialah 21 sd 26 guna mempercepat proses pencernaan.


4. Perbaiki Pola Makan

Berhubung karena utama dari ikan koki terbalik ialah penyakit gelembung renang sebab pola makan, perbaiki dengan tidak mempedulikan ikan koki berpuasa sekitar 3 hari, biarkan lambungnya memahami pakan yang sudah dikonsumsi sampai-sampai organ dalamnya bisa kembali ke ukuran normal, urusan ini tidak akan riskan untuk ikan koki sekitar hari sebelumnya telah mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.


5. Berikan Pakan Tinggi Serat

Tahap selanjutnya untuk menanggulangi ikan koki terbalik merupakan dengan memberinya pakan tinggi serat laksana kacang polong yang mempunyai sifat padat dan kaya serat guna meringankan sembelit. Masukkan kacang polong yang sudah dimasak sampai lunak dengan microwave ke dalam akuarium, masing-masing hari ikan koki melulu boleh santap 1 sd 2 butir saja.

Bila perlu tolong ikan koki dengan teknik memberinya pakan langsung dengan tangan karena kacang polong lumayan padat sampai-sampai terkadang terbenam ke dasar akuarium sampai ikan koki tak dapat menggapainya.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Cara Budidaya Ikan Sumatra

6. Amati Gejala dan Lakukan Evaluasi

Setelah sejumlah hari melulu diberi pakan kacang polong, pencernaan ikan koki lazimnya akan pulang pulih dan sobat bakal melihatnya berenang pulang dengan normal tanpa masalah, saat tersebut sobat dapat kembali memberinya pakan laksana biasanya, tetapi bila ikan koki masih berenang terbalik, bisa jadi ada cacat pada organnya atau cedera. Amati dan biarkan satu hari lagi sampai organnya pulang pulih dan ia bisa berenang serta santap dengan wajar.


7. Berikan Pakan yang Direndam

Cara lanjutan guna menyembuhkan organ tubuh ikan koki secara total ialah memberikannya pakan yang sudah drendam, pakan ikan koki yang berbentuk kepingan umunya mengapung di permukaan air sampai-sampai secara langsung ikan koki bakal menelan udara saat memakannya yang berujung pada penyakit gelembung renang.

Cara terbaik merupakan merendamnya atau memberinya pakan eksklusif yang mempunyai sifat bisa langsung terbenam ke dasar akuarium ketia dimasukkan tanpa direndam terlebih dahulu.


8. Hindari Pakan Terlalu Banyak

Berikan pakan pada ikan koki lumayan sehari sekali dalam jumlah yang wajar, hindari memberinya terllau tidak sedikit pakan yang akan mengakibatkan ususnya bengkak dan memunculkan masalah sembelit. Walaupun kadang ikan koki tampak tidak jarang kali lapar, sebetulnya ia melulu membutuhkan pakan dalam jumlah kecil.


9. Jaga Kualitas Air

Air kotor ialah sarang bakteri dan parasit yang akan memberi beban pada ikan koki yang sobat pelihara, pastikan sobat membersihkannya secara rutin sampai-sampai ikan koki hidup dalam air yang bersih. Gunakan perangkat ukur untuk memahami kualitas air mulai dari pH, amonia, dan nitrit. Air yang terbaik guna ikan koki merupakan dengan kadar pH 6,2 sd 7,6, dan mempunyai kadar amonia serta nitrit yang seminimal barangkali antara 0 sd 0,25 ppm.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Perbedaan Ikan Lele Jantan dan Betina

Bisa pun menjaga kualitas air dengan menambahkan garam ikan ke dalam akuarium air tawar kamu serta meyakinkan air yang dipakai bebas dari chlorine. Misalnya merupakan jika spbat memakai air yang berasal dari sumber PDAM yang terkadang berisi chlorine, sobat mesti mengendapkannya terlebih dahulu sekitar 2 malam sebelum memasukkan air ke dalam akuarium.


10. Perawatan Setelah Pulih

Ketika ikan koki yang sobat pelihara sudah pulih dan dapat berenang wajar, pertahankan eksehatan dengan memberi nutrisi terbaik dengan jumlah wajar, menjaga kesucian air, dan mengawal kehangatan suhu air.

Pertahankan air supaya selalu dalam situasi normal dan relatif rendah sampai-sampai tidak memberi beban pada sistem kerja tubuhnya dan tidak memperlambat proses pencernaan. Berikan pula pemberian pakan dengan teknik yang benar supaya meminimalisir udara masuk ke dalam lambung ikan.


Demikian Sekilas Mengulas Tentang 10 Cara Mengatasi Ikan Koki Terbalik dengan Baik dan Benar

Semoga Bermanfaat yang Disampaikan. Terima Kasih…!!!


Baca Juga :


Jangan Lupa Share Guys …!!!

Nur Kholifah adalah blogger Wanita Indonesia, yang sangat menyukai game dan Aplikasi. Saat ini ia menulis untuk Dota2.Co.Id, karena saya memiliki banyak pengetahuan tentang dunia game.