Cara Mengatasi Ikan Arwana Kurang Nafsu Makan

Hello guys, selamat datang website Dota 2 Indonesia. Saya akan berbincang-bincang tentang “Mengatasi Ikan Arwana Kurang Nafsu Makan“. Berikut ulasannya secara lengkap dibawah ini:

Cara-Mengatasi-Ikan-Arwana-Kurang-Nafsu-Makan

Arwana adalah ikan hias air tawar yang mempunyai harga tinggi dengan ukuran tubuh dapat mencapai 1 meter dan bahkan terdapat jenis ikan arwana tertentu yang dapat mencapai panjang 2 meter. Sisik dari ikan arwana berukuran besar dengan tubuh panjang dan kuat. Ikan arwana pun mempunyai barbel pada mulut yang serupa dengan kumis sampai-sampai sering dirasakan simbol naga yang hidup dan mendapat julukan ikan naga. Dalam merawat ikan arwana sendiri tidak dapat dibilang gampang namun pun tidak susah.

Hal unik dari merawat ikan arwana ialah ketika masa-masa makan. Ikan arwana seringkali diberi pakan jangkrik hidup atau fauna kecil jenis lain. Ketika membuang makanan ke dalam akuarium, maka arwana yang lapar bakal langsung memakannya dengan sangat buas dan menjadi pertunjukkan mengasyikkan untuk dilihat.

Akan tetapi, urusan ini tentunya bakal berkurang saat ikan arwana yang kamu miliki berkurang nafsu makannya. Bagi itulah dalam pembahasan berikut ini, kami bakal berikan sejumlah cara menanggulangi ikan arwana tidak cukup nafsu santap yang bisa kamu terapkan dalam ikan arwana peliharaan anda.


Cara Mengatasi Ikan Arwana Kurang Nafsu Makan

Berikut ini terdapat sejumlah cara mengatasi ikan arwana kurang nafsu makan, terdiri atas:


1. Pancing Dengan Makanan Kesukaan Arwana

Tips kesatu untuk menanggulangi ikan arwana yang tidak cukup nafsu makan dapat dilakukan dengan menyerahkan makanan kesenangan arwana yang juga dapat dilakukan dalam budidaya ikan air tawar lainnya.

Dalam memilih makanan kesenangan arwana, maka mesti dicocokkan dengan ukuran arwana yang kamu miliki. Bagi arwana yang masih kecil, maka dapat dipancing dengan menyerahkan cacing beku. Namun guna ikan arwana dewasa dapat diberikan cacing tanah. Cacing beku atau cacing tanah sama sama dapat diberikan guna ikan arwana dengan ukuran dibawah 18 cm.

Sedangkan guna ikan arwana diatas 18 cm dapat diberikan dengan jangkrik, udang, ulat hongkong dan ulat jerman. Selanjutnya guna ikan arwana dengan ukuran lebih dari 25 cm dapat diberikan apa saja sesuai kesenangan arwana anda.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Cara Budidaya Ikan Hias Air Laut

2. Tambahkan Dengan Arus

Menambahkan arus dalam akuarium menjadi teknik terbaik selanjutnya untuk memicu rasa lapar dari ikan arwana tetapi usahakan jangan dilaksanakan pada budidaya ikan nila dalam drum plastik.

Menambahkan arus nantinya dapat membuat ikan arwana yang kamu miliki bakal berenang melawan arus itu sehingga dapat merangsang rasa laparnya. Hal yang perlu diacuhkan ketika bakal menambahkan arus ialah meyakinkan arus tidak terlampau kencang karena dapat membuat ikan arwana stress.


3. Jangan Berikan Pakan Terlalu Banyak

Banyak empunya arwana yang beranggapan jika memberikan tidak sedikit makan pada ikan arwana, maka menciptakan tubuhnya dapat semakin cepat besar. Meski urusan itu memang benar, akan namun interval tetap mesti diacuhkan yakni tidak boleh terlalu tidak sedikit diberikan dalam sekali waktu santap dan menciptakan arwana sampai kekenyangan. Hal ini dapat menyebabkan ikan arwana mogok makan sampai 1 hingga 2 hari sebab masih kekenyangan laksana pada jenis jenis ikan hias air tawar lainnya.

Arwana nantinya memerlukan lebih tidak sedikit waktu untuk memahami makanan dan baru bakal kembali makan andai proses pencernaannya telah selesai.

Hal terbaik yang bisa kamu lakukan ialah memberi makanan yang lumayan dalam sekali pemberian santap dan dapat dilakukan sejumlah 2 sampai 3 kali sehari tergantung dari selera santap arwana anda. Sangat urgen untuk meyakinkan ikan arwana tidak terlampau kenyang supaya dapat selalu santap dengan lahap.


4. Variasikan Makanan

Seperti jenis fauna lain dan pun manusia, ikan arwana pun membutuhkan makanan bervariasi guna mencukupi keperluan nutrisi sekaligus meningkatkan nafsu santap ikan arwana kepunyaan anda.

Pemberian pakan monoton seperti melulu memberikan ikan atau melulu memberikan jangkrik tidak bakal mencukupi keperluan nutrisi arwana sekaligus membuatnya lebih cepat bosan. Bagi itulah, usahakan berikan makanan bervariasi pada arwana masing-masing hari untuk menangkal penurunan nafsu santap yang pun harus dilaksanakan dalam teknik memelihara ikan koi.


5. Memastikan Kestabilan Air

Menjaga situasi air dalam akuarium tetap stabil pun sangat urgen untuk mengawal nafsu santap dari arwana. Tidak hanya hal kesehatan arwana yang paling bergantung dengan situasi air, tetapi kestabilan air nantinya juga dapat menjaga nafsu santap ikan arwana supaya selalu baik.

Ketika kamu menguras air, maka pastikan guna tidak meminimalisir jumlah akuarium terlalu tidak sedikit namun melulu perlu 20 hingga 30% saja masing-masing 2 sampai 3 hari sekali. Di samping itu, pastikan pun air pengganti yang kamu gunakan telah terbebas dari kaporit dan air berisi tidak sedikit oksigen.


6. Cuci Kapas Dengan Berkala

Mencuci kapas akuarium dengan rutin pun sangat urgen dalam menanggulangi ikan arwana mogok santap sebab situasi air yang kotor dapat meningkatkan stress ikan arwana dan dominan pada penurunan nafsu santap ikan tersebut. Sebaiknya, cuci kapas masing-masing 2 sampai 3 hari sekali laksana yang pun harus dilaksanakan dalam teknik mengatasi penyakit pada ikan cupang.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Umpan Ikan Tawes

Cuci kapas dan ganti dengan yang baru. Namun andai akan mengubah kapas dengan yang baru, maka pastikan kapas baru tersebut telah direndam dalam air sekitar 24 jam sebelum digunakan.


7. Atur Pemanas dan Penerangan Dengan Baik

Pengaturan pemanas atau heater paling penting dilaksanakan untuk menanggulangi ikan koi mogok makan. Pengaturan heater sangat tepat guna ikan arwana ialah sekitar 30 derajat celcius. Di samping heater, hal penerangan pun tidak kalah urgen untuk dilakukan. Pastikan penerangan pada akuarium lumayan dan tidak terlampau gelap untuk membalikkan nafsu santap ikan arwana anda.


8. Tambahkan Perlengkapan Akuarium

Segala keperluan ikan arwana sangat urgen untuk dilengkapi baik dari sisi makanan ataupun perlengkapan dalam akuarium agar tidak meminimalisir nafsu santap ikan arwana kamu sekaligus sebagai teknik memelihara ikan aquarium supaya tidak mati. Kondisi akuarium yang bersih tidak hanya dapat menambah nafsu santap ikan arwana namun pun meyakinkan ikan arwana tidak terjangkit penyakit.

  • Tambahkan aerator: Aerator bermanfaat untuk menyuplai udara dalam akuarium sehingga keperluan oksigen ikan arwana dapat tercukupi dan terjaga dengan baik.
  • Filter: Berguna guna menyaring kotoran atau saldo makanan arwana sehingga kesucian air dapat terjaga, mencuci bakteri sekaligus mengawal nafsu santap ikan arwana.
  • Lampu TL: Berfungsi tidak melulu untuk memperindah akuarium ketika siang dan malam sekaligus sebagai pengganti sinar matahari untuk tanaman air dan pun meningkatkan nafsu santap arwana karena dapat menjaga kestabilan suhu dalam akuarium.
  • Heater: Berguna untuk mengawal temperatur supaya tetap normal suhunya sekaligus mendinginkan arwana sehingga dapat mengembalikan nafsu santap ikan arwana.

9. Setting Akuarium Seperti Habitat Asli

Arwana yang tidak mau santap juga dapat terjadi sebab lingkungan dalam akuarium tidak cocok dengan lingkungan aslinya sehingga menambah stress pada ikan arwana yang kemudian dibuntuti dengan penurunan nafsu makan.

Untuk itu, usahakan lengkapi akuarium dengan sekian banyak perlengkapan sehingga menciptakan akuarium terlihat laksana habitat aslinya laksana tumbuhan air, pasir dan pun bebatuan.


10. Berikan Kelabang

Berbeda dengan teknik memelihara ikan nila, kelabang adalahmakanan yang dapat menambah nafsu santap ikan arwana, baik untuk perkembangan dan juga dapat mencerahkan warna ikan arwana sebab berisi beta karoten. Di samping itu, kelabang pun adalahsalah satu jenis makanan kesenangan ikan arwana sampai-sampai usahakan hanya diserahkan ketika ikan arwana tidak nafsu makan, sebab dapat membuat arwana tidak mau santap makanan yang lain.


11. Berikan Pil Penambah Nafsu Makan

Cara gampang lain untuk menanggulangi ikan arwana yang tidak nafsu makan dapat dilakukan dengan menyerahkan pil penambah nafsu santap khusus arwana yang dapat didapatkan di toko toko penjaja ikan dan perangkat arwana.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Umpan Ikan Mas

Pil ini dapat diberikan sejumlah satu kali dalam sehari atau dicocokkan dengan takaran yang tertulis dalam kemasan dan ikuti pun petunjuk pemberian dengan benar. Komposisi dalam pil penambah nafsu santap ikan arwana tersebut telah diformulasikan khusus supaya bisa menambah masalah mogok santap pada arwana yang dapat dibeli dengan harga terjangkau.

Ada sejumlah suplemen ekstra yang pun sangat baik diserahkan untuk ikan arwana agar nantinya dapat makan dengan lahap yang pun penting diserahkan dalam budidaya ikan cupang aduan. Beberapa ekstra suplemen itu diantaranya merupakan:

  • Daun ketapang kering: Bisa diserahkan sebanyak 1 helai saja per 50 liter air dengan teknik merendam daun ketapang pada air mineral atau simpan di bawah kapas sekitar 3 sampai 4 hari dan ganti daun ketapang dengan yang baru setelah 3 hingga 4 hari dan andai air telah berwarna coklat maka pemberian daun ketapang dapat dihentikan dan kerjakan pengurasan air dengan teratur.
  • Berikan aquasafe cocok dengan aturan dalam kemasan
  • Berikan blackwater cocok dengan aturan dalam kemasan
  • Berikan arovital cocok dengan aturan dalam kemasan
  • Berikan arovital pil hobbies cocok dengan aturan dalam kemasan
  • Berikan mineral plus cocok aturan dalam kemasan

12. Halangi Pandangan Ikan Arwana

Menghalangi pandang ikan arwana pun menjadi teknik terakhir yang dapat dilakukan untuk meningkatkan nafsu santap ikan arwana. Bagian depan akuarium menciptakan ikan arwana terkadang merasa terganggu dengan kegiatan lalu lalang penghuni rumah kamu dan dapat membuat ikan arwana tidak nyaman yang pun terjadi dalam teknik budidaya ikan kornet.

Untuk itu, tutup unsur dengan akuarium kamu dengan koran atau penutup lain agar ikan dapat merasa nyaman dan kembali santap dengan normal. Jika nafsu santap ikan arwana telah kembali, maka penutup dapat dibuka kembali.


Demikian Sekilas Mengulas Tentang 13 Cara Mengatasi Ikan Arwana Kurang Nafsu Makan Bagi Pemula

Semoga Bermanfaat yang Disampaikan. Terima Kasih…!!!


Baca Juga :


Jangan Lupa Share Guys …!!!

Nur Kholifah adalah blogger Wanita Indonesia, yang sangat menyukai game dan Aplikasi. Saat ini ia menulis untuk Dota2.Co.Id, karena saya memiliki banyak pengetahuan tentang dunia game.