Cara Memelihara Burung Kakatua

Hello guys, selamat datang website Dota 2 Indonesia. Saya akan berbincang-bincang tentang “Burung Kakatua“. Berikut ulasannya secara lengkap dibawah ini:

Cara-Memelihara-Burung-Kakatua

Kita seluruh tentu telah sangat tak asing dengan nama burung kakatua meskipun beberapa bukan pemelihara burung. Nama kakatua paling sering anda dengar khususnya dari suatu lagu anak-anak yang paling terkenal di Indonesia. Nah, burung kakatua ini memang di antara jenis burung yang tidak sedikit dijadikan fauna peliharaan.

Karakternya yang unik dan suka bersosialisasi dengan insan membuatnya tidak sedikit disukai penyuka burung. Selain tersebut ia pun sangat setia, pintar, aktif, mempunyai rasa hendak tahu yang besar terhadap lingkungan di sekitarnya, serta suka memamerkan diri. Hal ini diperlihatkan lewat tingkahnya yang membentangkan sayap, menari, menggerakkan kepala naik turun, serta berteriak-teriak sampai-sampai terlihat amat lucu. Ia bahkan dapat bicara laksana burung beo andai rajin dilatih. Anda pun dapat memberinya mainan guna bermain laksana boneka.

Tertarik merawat burung yang mempunyai bulu estetis dan lembut ini? Gampang, kamu tinggal mempelajari 15 teknik memelihara burung kakatua inilah dan mempraktekkannya. Dengan ketelatenan, ketekunan, dan kasih sayang yang kamu berikan kakatua peliharaan kamu akan tumbuh sehat dan bahagia.


Cara Memelihara Burung Kakatua

Berikut ini terdapat sejumlah cara memelihara burung kakatua, terdiri atas:


1. Mandikan ia 3 hari sekali atau sekali seminggu

Untuk menjaga kesucian tubuh kakatua peliharaan kamu dan mengasuh bulunya supaya selalu mengilap maka sebagai pemilik kamu tidak boleh malas memandikannya. Aktivitas memandikan ini pun sebagai format perhatian terhadap kakatua sampai-sampai ia merasa diacuhkan oleh pemiliknya. Anda dapat memandikannya 3 hari atau seminggu sekali. Cara memandikannya dapat dengan mengguyur secara langsung dengan menciptakan hujan buatan, memakai pancuran, atau dengan berendam. Jangan pakai air yang terlampau dingin, air hangat kuku bisa menjadi opsi yang tepat.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Cara Menurunkan Birahi Burung Kenari

2. Mandikan ia pada pagi hari

Waktu sangat tepat guna memandikan kakatua peliharaan anda ialah pada pagi hari di bawah jam 9 pagi. Mengapa? urusan ini disebabkan memandikan kakatua di pagi hari menolong kakatua menjadi lebih segar dan melancarkan suara kakatua menjadi lebih keras dikomparasikan biasanya. Apalagi, diperbanyak dengan menjemurnya dibawah sinar matahati. Kemdian, sesudah mandi berikan ia santap sehingga tubuhnya tetap terasa hangat.


3. Asah paruh dan cakarnya secara rutin

Hal ini urgen dilakukan supaya paruh dan kukunya terasah dan tumpul sehingga mengurangi terjadinya kehancuran saat ia mendaki atau menggigit. Bagian paruh dan cakar ialah dua bagian urgen yang dipunyai oleh seluruh burung, tak terkecuali dengan burung kaka tua. Oleh sebab itu, bakal lebih baik menajamkan kedua unsur tersebut sangat tidak 2 kali sehari.


4. Berikan ia makanan yang tepat secara rutin

Sebagai keperluan utama makhluk hidup kamu tidak boleh tak sempat memberi santap burung kakatua peliharaan kamu secara berkala. Kenali apa saja makanan yang disukainya. Beberapa pakan yang umum diserahkan pada kakatua ialah tongkol jagung muda dan buah pepaya. Atau bila kamu menginginkan yang praktis kamu bisa melakukan pembelian sprouted seeds yang tidak sedikit dijual di petshop. Ada pun makanan-makanan tambahan laksana potongan buah kelapa, sayuran laksana wortel dan kacang panjang, biji bunga matahari, keju yang dicairkan, potongan telur yang telah dimasak, dan buah kenari.

Khusus buah kenari usahakan diserahkan pada kakatua raja sebab ia dapat mengupas buah kenari yang berkulit tebal. Pakan ini ditempatkan dalam wadah eksklusif yang usahakan tercipta dari bahan stainless steel, bukan dari bahan platik atau kayu. Untuk diacuhkan pakan ini tidak boleh tidak dipedulikan terlalu lama di dalam sangkar. Jika makanan yang anda berikan pada pagi hari masih bersisa maka pada senja hari sisanya mesti dibuang.


5. Berikan ia vitamin secara rutin

Untuk menyokong pertumbuhan dan kesehatannya usahakan berikan ia vitamin eksklusif burung yang tidak sedikit dijual di pasaran. Anda bisa memberikannya masing-masing 2 minggu sekali sampai-sampai kakatua peliharaan kamu tumbuh sehat dan terhindar dari penyakit. Ada pun vitamin yang berfungsi untuk menanggulangi kerontokan bulu pada kakatua dimana vitamin ini bakal merontokkan bulu burung terlebih dahulu baru lantas menumbuhkan bulu baru.


6. Variasikan makanan masing-masing hari

Sama seperti insan burung pun akan merasa jenuh jika santap makanan yang sama masing-masing hari. Untuk tersebut variasikan makanannya keseharian sehingga ia merasa senang dan merasa diacuhkan oleh pemiliknya. Hal ini guna menghindari kejemuan yang barangkali melanda burung kakak tua favorit anda.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Harga Burung Kolibri

7. Hindari menyerahkan buah alpukat

Alpukat paling berbahaya untuk burung kakatua sebab dapat mengakibatkan keracunan. Hal ini diakibatkan adanya kandungan persin, zat kimia yang menjadi racun untuk sebagian fauna seperti burung kakatua. Konsumsi alpukat dapat mengakibatkan burung merasakan penyempitan pembuluh darah sampai kematian secara mendadak. Burung yang merasakan keracunan dampak mengonsumsi alpukat seringkali menunjukkan firasat sesak napas, tidak dapat bertengger, bahkan tidak berhasil ginjal dan masalah pada organ hati. Selain tersebut usahakan kamu juga tidak menyerahkan biji buah apel atau pir, cokelat, bawang putih, dan garam pada kakatua peliharaan anda.


8. Hindari makanan berpenyedap dan daging

Di samping alpukat, makanan yang mesti dihindarkan dari burung kakatua ialah makanan-makanan berpenyedap dan daging yang dapat mengakibatkan kegemukan. Anda pasti tidak hendak melihat kakatua kesayangan kamu mengalami obesitas. bakal lebih baik mengenal dulu kesenangan burung kakatua favorit anda supaya lebih gampang memberi santap sesuai kemauan burung kakak tua anda.


9. Tempatkan kandangnya pada lokasi yang sering dilalui oleh kamu dan anggota keluarga

Hal ini urgen untuk dilaksanakan karena burung kakatua adalahtipikal burung yang paling suka bersosialisasi serta mempunyai rasa hendak tahu yang tinggi. Dengan menanam ia di area laksana ini maka ia bakal lebih tidak jarang bertemu orang sampai-sampai keininginannya guna bersosialisasi bisa terpenuhi dan ia merasa diacuhkan oleh pemiliknya. Buat kandangnya setinggi pandangan mata kamu sehingga lebih mudah menyaksikan dan berinteraksi dengannya.


10. Hindarkan terpapar sinar matahari langsung

Hal beda yang pun harus diperhatikan ialah jangan tempatkan kandang kakatua di lokasi yang terpapar sinar matahari langsung sebab akan menciptakan ia merasa silau dan kepanasan. Tempatkan kandangnya di lokasi lain yang lebih terlindung tetapi tetap hangat.


11. Sesuaikan ukuran kandang dengan ukuran kakatua

Jangan hingga kakatua peliharaan kamu merasa sesak atau sempit sebab ukuran kandang yang terlampau kecil. Ketika ia telah tumbuh membesar simaklah apakah kandangnya masih memadai atau tidak. Semakin luas kandangnya maka semakin baik. Jika dirasa terlampau kecil maka usahakan kamu menyiapkan kandang baru yang cocok dengan ukuran tubuhnya. Bagi kakatua yang masih kecil paling tidak kandangnya berukuran 70x70x100 cm.

Sementara guna kakatua yang berukuran besar dapat diserahkan kandang berukuran 100x100x200 cm. Jangan tak sempat berikan pula tenggeran di dalam kandangnya sebagai lokasi untuk bertengger, mengajar kaki, memuntulkan kuku, serta menajamkan paruhnya. kita dapat menciptakan tenggeran dari ranting kayu sehingga dapat disesuaikan dengan ukuran kakinya. Jika ia telah jinak dan tidak inginkan kabur usahakan sering dicungkil dari kandang dan tidak dipedulikan bermain di ruang terbuka.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Harga Burung Kacer

12. Jaga kesehatan kandangnya

Kakatua adalahjenis burung yang tidak menyenangi tempat kotor sehingga kamu harus mencuci kandangnya secara berkala. Selain tersebut hal ini penting dilaksanakan untuk menghindarkan kakatua dari infeksi kuman-kuman penyakit sampai-sampai burung kesayangan kamu dapat tumbuh sehat.


13. Satukan sangkarnya dengan pasangannya

Jika kamu mempunyai sepasang kakatua yang berpasangan usahakan tempatkan mereka dalam satu sangkar. Hal ini terbukti dapat menciptakan ia rajin berkicau. Hal ini disebabkan kakak tua ialah jenis burung yang suka bersosialisasi, terlebih terhadap sahabat sejenisnya. Menempatkan kakatua beda di dalam satu kandang ialah salah satu teknik yang efektif untuk menolong psikologis burung kaka tua anda.


14. Berikan perhatian dan ajak bermain

Kakatua adalahjenis burung yang memerlukan perhatian dan kasih sayang dari tuannya sampai-sampai ia bisa tumbuh dengan sehat. Apalagi andai ia sendirian dan tidak mempunyai teman maka ia dapat merasa jenuh sehingga melakukan sekian banyak kebiasaan buruk seperti menerbitkan suara yang paling melengking serta mencabuti bulu-bulunya


15. Beri ia teman

Jika kamu terlalu sibuk sehingga tidak cukup mempunyai waktu untuk menyuruh bermain kakatua peliharaan kamu usahakan berilah ia rekan dari jenisnya sendiri untuk meminimalisir rasa bosannya. Karena laksana yang dilafalkan sebelumnya burung ini akan mengerjakan hal-hal tidak cukup baik saat merasa bosan. kita juga dapat menyiasatinya dengan teknik memberinya mainan laksana boneka.

Ya, merawat burung kakatua memang memerlukan ketelatenan. Meskipun tidak susah namun kamu harus memberinya perhatian dan kasih sayang sampai-sampai ia tidak merasa dilalaikan dan bisa tumbuh dengan baik. Jika kamu terlalu sibuk bahkan untuk sebatas bermain sebentar dengannya maka usahakan pertimbangkan lagi niat kamu untuk merawat burung kakatua.


Demikian Sekilas Mengulas Tentang 15 Cara Memelihara Burung Kakatua dengan Baik dan Benar

Semoga Bermanfaat yang Disampaikan. Terima Kasih…!!!


Baca Juga :


Jangan Lupa Share Guys …!!!

Nur Kholifah adalah blogger Wanita Indonesia, yang sangat menyukai game dan Aplikasi. Saat ini ia menulis untuk Dota2.Co.Id, karena saya memiliki banyak pengetahuan tentang dunia game.