Cara Membuat Pakan Lele Dari Ampas Tahu

Hello guys, selamat datang website Dota 2 Indonesia. Saya akan berbincang-bincang tentang “Pakan Lele Dari Ampas Tahu“. Berikut ulasannya secara lengkap dibawah ini:

Cara-Membuat-Pakan-Lele-Dari-Ampas-Tahu

Dengan berjalannya waktu, ongkos produksi ternak lele atau budidaya ikan lele pun semakin meningkat.

Bahkan guna pakan ternak lele sendiri membutuhkan ongkos hingga 80% dari ongkos produksi.

Dengan ini, maka sekian banyak cara terus dilaksanakan untuk menciptakan pakan pilihan untuk ikan lele supaya bisa menghemat ongkos pakan ternak ikan lele laksana salah satunya memakai ampas tahu.

Ampas tahu dipilih sebab berisi nilai gizi bagus guna ikan lele. Di samping itu, harga per kg ampas tahu pun sangat tercapai yakni antara seribu sampai 2 ribu rupiah saja.

Dalam ampas lele berisi energi, lemak, karbohidrat, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin B1 dan pun vitamin C yang semuanya sangat urgen untuk kesehatan dan perkembangan ikan lele.

Dengan memakai ampas tahu sebagai pakan pilihan ikan lele, maka sudah lumayan baik guna mengurangi ongkos sekaligus menambah efisiensi buatan serta deviden dalam budidaya ikan lele.

Untuk sejumlah cara menciptakan pakan lele dari ampas tahu bakal kami sampaikan secara menyeluruh dalam tulisan kali ini sebagai referensi menciptakan pakan pilihan untuk anda.


Cara Membuat Pakan Lele Dari Ampas Tahu

Berikut ini terdapat sejumlah cara membuat pakan lele dari ampas tahu, terdiri atas:


1. Pakan Lele Ampas Tahu

Pembuatan pakan ikan lele dari ampas tahu ini bertujuan untuk meminimalisir kadar air dalam ampas tahu sehingga dapat dibentuk serupa pelet.

Untuk prosesnya sendiri memerlukan waktu sampai seminggu dan dapat ditambahkan dengan probiotik supaya lebih sehat sekaligus menambah imun ikan lele sampai-sampai tidak gampang diserang penyakit yang sesuai diberikan untuk teknik ternak lele dumbo.

  • Siapkan 5 kg ampas tahu, 6 kg bekatul, 4 kg tepung jagung, 1.5 kg tepung ikan, 0.5 liter EM4, 20 butir minyak ikan, 2 bungkus suplemen vitamin dan air bersih.
  • Campur seluruh bahan menyusun adonan kue sehingga gampang dicetak.
  • Diamkan sekitar 5 sampai 7 hari guna proses fermentasi.
  • Keringkan adonan yang telah dicetak lantas jemur dan keringkan supaya tidak berjamur dan lebih tahan lama.
  • Pelet ikan lele siap guna digunakan.
Yuk Baca Artikel Lainnya:  Cara Budidaya Ikan Komet

2. Ampas Tahu Campuran

Ampas tahu juga dapat ditambahkan dengan sejumlah bahan beda yang pun sangat baik untuk diserahkan sebagai pakan pilihan cara ternak ikan lele organik.

  • Siapkan 25 kg ampas tahu, 25 kg dedak halus, 5 kg tepung ikan, 5 liter tetes tebu atau molases, 1000 ml probiotik EM4 perikanan dan pun 10 sendok santap ragi tempe.
  • Campur seluruh bahan sampai rata dan masukkan dalam drum yang diberi lubang udara menggunakan selang untuk menyalurkan udara atau gas.
  • Tutup unsur ujungnya namun tidak boleh terlalu rapat supaya oksigen masih dapat masuk.
  • Diamkan sekitar 4 sampai 5 hari guna proses fermentasi dan siap guna digunakan.

3. Ampas Tahu dan Campuran Tepung

Beberapa jenis tepung laksana tepung kedelai, tepung ikan dan pun tepung jagung pun sangat baik dibaur dengan ampas tahu yang nantinya dapat digunakan sebagai pakan pilihan ikan lele.

  • Siapkan 25 kg ampas tahu, 30 kg tepung ikan, 30 kg tepung kedelai, 40 kg tepung jagung, ikan asin secukupnya, daun pepaya segar dan pun ragi tempe.
  • Campur seluruh tepung dan ampas tahu sampai rata lantas tambahkan dengan air tidak banyak demi sedikit sampai membentuk adonan yang kalis.
  • Tutup wadah dan diamkan selama tidak cukup lebih 12 jam.
  • Campur adonan itu dengan ikan asin dan daun pepaya yang telah dihaluskan dan cetak menggunakan mesin pelet.
  • Jemur hingga kering dan dapat diberikan langsung sebagai pakan ikan lele.

4. Ampas Tahu dan Ikan Rucah

Ikn rucah atau ikan kecil tangkapan nelayan yang tidak pantas konsumsi juga dapat digunakan sebagai pakan ampas tahu ikan lele yang jugsa bias mengurangi ongkos produksi.

Sebelum digunakan, ikan rucah ini usahakan dibersihkan hingga bersih dan dicincang supaya lebih empuk dan gampang dimakan oleh ikan lele yang tepat diserahkan untuk budidaya lele organik di empang terpal.

  • Siapkan 25 kg ampas tahu kemudian peras sampai 60% kandungan air dalam ampas tahu dapat hilang.
  • Tambahkan dengan cacahan ikan rucah, probiotik, tepung ikan dan pun tepung jagung secukupnya sampai menjadi adonan kalis seperti saat membuat kue.
  • Bentuk dengan alat menciptakan pelet dan jemur dibawah matahari sampai kering.
  • Pakan ikan lele pilihan ini sudah dapat digunakan.

5. Ampas Tahu dan Limbah Peternakan Unggas

Peternakan unggas lazimnya akan menghasilkan limbah yang dapat digunakan pulang sebagai pakan ekstra ikan lele dan sesuai dikombinasikan dengan ampas tahu.

Limbah peternakan berupa unggas yang telah mati ini dapat menekan pengeluaran pakan lele sebab dapat didapatkan secara cuma-cuma dan walau harus melakukan pembelian maka harganya paling murah yang pun tepat dipakai dalam teknik ternak lele di wilayah dingin.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Cara Membersihkan Kaca Aquarium

Limbah peternakan yang dipakai hanyalah unggas yang baru saja mati dan bukan yang telah mati melebihi dari 12 jam yang lantas direbus sebelum dibaur dengan ampas tahu.

Sesudah bangkai unggas direbus, maka dilanjutkan dengan mencuci bulu lantas dihaluskan dan dibaur dengan ampas tahu. Sesudah itu, tambahkan dengan tepung jagung secukupnya dan format menyerupai pelet yang lantas dijemur sampai kering dan siap untuk diserahkan sebagai pakan ikan lele.


6. Ampas Tahu dan Keong Mas

Di samping ampas tahu, keong mas juga dapat ditambahkan sebagai pakan lele sebab kandungan protein yang paling tinggi.

Keong mas dapat ditemukan dengan gampang di sawah yang pun menjadi hama dari tumbuhan padi. Dalam daging keong mas ini berisi tidak sedikit protein yang sangat urgen untuk perkembangan ikan lele.

Keong mas juga dapat didapat secara cuma-cuma dengan teknik mengumpulkannya sendiri di sawah atau juga dapat memesan atau melakukan pembelian yang dapat digunakan dalam teknik penangkaran lele dumbo.

  • Bersihkan keong mas kemudian rebus menggunakan air mendidih selama sejumlah menit.
  • Sesudah dingin, lepaskan daging keong mas dari cangkang dan haluskan sampai lembut.
  • Campur dengan ampas tahu yang telah diperas kemudian tambahkan dengan dedak halus dan tepung ikan.
  • Bentuk serupa pelet kemudian jemur di bawah terik matahari atau memakai alat dan siap guna diberikan.

7. Ampas Tahu dan Bekicot

Seperti keong mas, bekicot pun berisi protein tinggi yang paling baik dibaur dengan ampas tahu sebagai pakan ekstra ikan lele.

Hewan moluska ini dapat ditemukan dengan mudah di dekat kebun, rumah, bawah pohon pisang dan pun di lokasi lembab lainnya. Sebelum dicampur bareng dengan ampas tahu, tepung jagung dan tepung ikan serta probiotik, terlebih dahulu bekicot mesti direbus lantas dihaluskan. Sedangkan untuk teknik pembuatannya sama dengan sejumlah cara diatas.


8. Ampas Tahu dan Belatung

Belatung pun adalahpakan ikan lele ekstra yang paling baik diberikan. Belatung ialah limbah yang berasal dari peternakan unggas di samping bangkai unggas yang juga dapat digunakan sebagai pakan ikan lele.

Belatung biasanya tidak sedikit ditemukan di kotoran unggas basah atau juga dapat dikembangbiakan sendiri. Belatung atau larva yang dapat digunakan sebagai pakan ternak ikan lele ialah larva dari lalat black soldier fly yang paling tepat dipakai dalam budidaya lele sangkuriang di empang terpal.

  • Siapkan saldo ikan asin, ampas tahu, daun pisang kering dan kotoran ayam.
  • Masukkan ampas tahu dalam ember kemudian tambahkan air bersih secukupnya dan aduk sampai rata.
  • Tambahkan saldo ikan asin dan kotoran ayam kemudian letakkan daun pisang kering di unsur atas.
  • Letakkan ember dalam lokasi teduh dan hindari dari sinar matahari langsung serta hujan.
  • Sesudah 3 minggu, belatung siap guna dipanen dengan teknik menambahkan air pada ember dan aduk dalam sejumlah menit.
  • Pisahkan belatung dengan saringan dan segera berikan sebagai pakan ikan lele.
Yuk Baca Artikel Lainnya:  Budidaya Ikan Platy

9. Ampas Tahu dan Tumbuhan Azzola

Azzola adalahjenis tanaman paku air laksana kiyambang yang biasa tumbuh di drainase irigasi, pinggir empang dan pun tanah yang lembab.

Tumbuhan azzola ini juga tidak sedikit dicari semua pembudidaya ikan lele sebagai pakan ekstra yang paling baik dibaur dengan ampas tahu yang juga dapat digunakan untuk teknik mengatasi jamur pada ikan lele.

Tumbuhan azzola ini berisi protein yang paling tinggi yaitu sekitar 25 sampai 35% sampai-sampai baik diserahkan untuk menambah pertumbuhan ikan lele supaya lebih cepat panen.


10. Ampas Tahu dan Cacing Lumbricus

Dari para berpengalaman mengatakan andai jenis cacing ini berisi protein kadar tinggi yaitu sekitar 76% yang lebih tinggi dikomparasikan dengan daging mamalia sebesar 65% atau ikan sebesar 50%.

Cacing lumbricus ini dapat dihaluskan kemudian dibaur dengan ampas tahu yang telah diperas, tepung jagung dan tepung ikan yang kemudian disusun menyerupai pelet dan dikeringkan sehingga dapat dijadikan pakan ikan lele ekstra yang pun efektif dipakai untuk menangkal penyakit pada ikan lele.


11. Ampas Tahu dan Cacing Sutra

Cacing sutra baik diserahkan untuk menambah pertumbuhan ikan lele dan tergolong jenis pakan alami ikan.

Tekstur cacing sutra yang paling lembut paling mudah dibaur dengan ampas tahu yang kemudian dapat diberikan guna pakan ikan lele dewasa atau anakan. Untuk teknik membuatnya pun sangat gampang yakni seperti sejumlah cara yang telah kami sampaikan diatas.


Demikian Sekilas Mengulas Tentang 11 Cara Membuat Pakan Lele Dari Ampas Tahu

Semoga Bermanfaat yang Disampaikan. Terima Kasih…!!!


Baca Juga :


Jangan Lupa Share Guys …!!!

Nur Kholifah adalah blogger Wanita Indonesia, yang sangat menyukai game dan Aplikasi. Saat ini ia menulis untuk Dota2.Co.Id, karena saya memiliki banyak pengetahuan tentang dunia game.