Cara Membuat Burung Nuri Jinak

Hello guys, selamat datang website Dota 2 Indonesia. Saya akan berbincang-bincang tentang “Membuat Burung Nuri Jinak“. Berikut ulasannya secara lengkap dibawah ini:

Cara-Membuat-Burung-Nuri-Jinak

Burung nuri atau dikenal dengan sebutan burung bayan merupakan burung yang populer guna dipelihara di lokasi tinggal sebagai burung hias dan burung kicau sebab mempunyai bulu estetis dan suara merdu, burung nuri merupakan kumpulan jenis burung yang ukuran tubuhnya sedang yaitu dengan panjang selama 43 cm dengan karakteristik paruh yang bengkok. Burung nuri yang hidup di alam binal menggunakan paruh itu untuk menggali mangsa dan melawan musuh sebab mempunyai kekuatan yang lebih tajam.

Bagi empunya burung yang menemukan burung nuri dari alam binal atau dibeli dari empunya sebelumnya terkadang belum jinak dan memerlukan waktu guna beradaptasi dengan empunya barunya. Dalam peluang kali ini pengarang akan menguraikan mengenai urusan itu yaitu teknik membuat burung nuri jinak sebagai ekstra wawasan dan petunjuk dalam perawatan, yuk simak penjelasannya.


Cara Membuat Burung Nuri Jinak

Berikut ini terdapat sejumlah cara membuat burung nuri jinak, terdiri atas:


1. Beri Sangkar yang Nyaman

Cara membut burung nuri jinak ketike kesatu kali mendarat di rumah empunya yag baru pasti harus menyerahkan kenyamanan pada burung nuri tersebut, berikan sangkar yang nyaman dan luas cocok ukuran tubuhnya, tidak boleh tutup sangkar dengan kerodong supaya ia tidak merasa pengap. Letakkan sangkar di lokasi yang aman dan bebas cuaca panas atau fauna predator.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Cara Ternak Pleci Menggunakan Sangkar Gantung

2. Jauhkan dari Keramaian

Jangan dekatkan burung nuri dengan keramaian terlebih dahulu, letakkan di lokasi sepi laksana di halaman belakang lokasi tinggal atau di teras lokasi tinggal yang tidak terlampau dekat dengan jalan raya. Hindarkan dari bising kendaraan atau polusi. Burung nuri yang hidup di alam aslinya bebas dari keramaian dan bersuasana tenang, itulah sebabnya ia mesti mendapat lokasi yang serupa ketenangannya.


3. Sediakan Pakan dan Minuman yang Disukai

Sediakan pakan dan minuman yang bergizi di sangkarnya, biarkan ia santap sendiri telrebih dahulu sebab saat beum kenal dengan empunya yang baru terkadang ia menjadi agresif dan mematuk saat disentuh atau didekati, biarkan ia hidup dalam ketenangan dan hidup sendiri sampai ia merasa aman berada di lokasi baru bareng orang orang yang baru.


4. Dekati Secara Berkala

Dekati secara rutin burung nuri yang dipelihara, bila tadinya hanya mendekatinya saat memberi santap atau mengubah air minumnya, dekati ia dari luar sangkar dan jajaki menyentuhnya perlahan, andai ia masih mengelak atau mengupayakan melawan dengan paruhnya tandanya ia belum memiliki keyakinan terhadap pemiliknya yang baru.


5. Mandikan Burung

Mandikan burung nuri dengan semprotan air, tidak boleh langsung mengguyurnya karena akan mebuatnya kaget dan ketakutan. Semprot dengan air bersih sampai seluruh tubuhnya basah kuyup, mandikan di pagi hari supaya tubuhnya terasa lebih segar. Memandikan burung ialah cara inti untuk menciptakan burung nuri menjadi jinak.


6. Jemur di Pagi Hari

Setelah berlalu dimandikan, jemur di sinar matahari yang hangat sebelum cuaca terik, tidak boleh mengelap tubuhnya, biarkan ia merasa kedinginan sesudah dimandikan dan dijemur, pada masa ini ia bakal merasa membutuhkan pertolongan manusia sebab burung yang kedinginan ingin dalam situasi perut yang paling lapar.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Cara Menjinakan Lovebird Muda

7. Berikan Makanan dengan Lidi

Membiarkan burung nuri kedinginan sesudah dimandikan barangkali kedengarannya memang sesuatu yang tidak banyak kejam namun urusan tersebut sangat berperan untuk menambah kedekatan antara burung nuri dengan pemiliknya. Dekati burung nuri yang dijemur dan merasa kedinginan dengan memberinya makanan berupa jangkrik atau ulat yang disukainya dengan memakai lidi. Pada tadinya mungkin ia bakal menolak sebab merasa fobia dan belum jinak, andai terus menerus dilaksanakan tentu lama lama ia bakal merasa kelaparan dan au menyentuh makanan tersebut.


8. Berikan Makanan dengan Tangan

Cara menciptakan burung nuri jinak yang selanjutnya merupakan dengan memberinya makanan secara langsung dengan tangan, berikan jangkrik langsung dengan tangan anda, pastikan tidak menatap matanya terlampau lama supaya ia tidak mengira bahwa ia sedang ditantang. Lakukan dengan hati hati sampai ia inginkan menerimanya tanpa melukai tangan kamu dengan paruhnya.


9. Dengarkan Suara Alam dan Aktifitas Manusia

Sesekali dengarkan suara alam dengan memutarkan kaset di sekitarnya supaya ia merasa tenng dan rileks, keadaan alam yang didukung dengan lingkungan yang sejuk dan nyaman bakal membuatnya jauh dari stres sampai serasa sedang di alam aslinya. Jangan lupa guna tetap mendekatinya seraya memberinya santap dan minum.

Ketika ia telah ramah saat didekati, tak apa andai mengajaknya ke lokasi yang ramai laksana pasar atau arena kompetisi burung sampai-sampai ia merasa lebih fresh dan merasa memiliki tidak sedikit teman. Tetap letakkan ia di sangkarnya dengan membuka kerodongnya. Biarkan ia beradaptasi dengan lingkungan barunya supaya ia lebih jinak dan tak lagi fobia pada manusia.


10. Dekatkan dengan Aktifitas Keluarga

Di malam hari, letakkan sangkarnya di sekitar dengan family beraktifitas contohnya di ruang tengah supaya ia merasa tenang dan merasa berada di lokasi yang aman. Ia bakal sadar bahwa empunya barunya ialah manusia yang baik yang tidak bakal menyakitinya dengan begitu ia bakal percaya pada empunya barunya sampai-sampai tidak marah saat didekati.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Cara Budidaya Parkit Mata Merah

Latih pun burung nuri untuk dapat bersuara merdu dengan teknik memperdengarkannya rekaman rekaman suara burung dalam kompetisi atau suara burung di alam sampai-sampai ia menjadi burung yang lebih energik untuk menirukan suara tersebut. ajak pun ia bermain supaya ia merasa lebih dekat dengan anda, metodenya dapat dengan teknik menyentuh buluya dengan tali sampai ia mendekati dan meraih tali itu dengan paruhnya atau dapat juga dengan teknik bermain langsung dengan tangan.

Keberhasilan empunya dalam teknik menjinakkan burung nuri bakal terlihat saat burung nuri sudah mau disentuh dengan tangan tanpa marah, tandnaya ia telah percaya dan telah memandang empunya sebagai sosok yang baik yang tidak menyakitinya. Jangan lupa guna memberinya rekan berupa burung nuri beda yang lain lawan jenis bakal ia mempunyai teman dan bisa dibudidayakan.


Demikian Sekilas Mengulas Tentang 10 Cara Membuat Burung Nuri Jinak Bagi Pemula

Semoga Bermanfaat yang Disampaikan. Terima Kasih…!!!


Baca Juga :


Jangan Lupa Share Guys …!!!

Nur Kholifah adalah blogger Wanita Indonesia, yang sangat menyukai game dan Aplikasi. Saat ini ia menulis untuk Dota2.Co.Id, karena saya memiliki banyak pengetahuan tentang dunia game.