Cara Budidaya Ikan Hias Air Laut

Ikan ialah salah satu jenis fauna peliharaan sangat populer. Perawatan ikan air asin hias mempunyai seni tersendiri, sebab tidak melulu menggabungkan warna-warna estetis ikan air asin hias, tetapi pun mengatur hiasan akuarium sampai-sampai mereka serupa pemandangan laut atau lazimnya disebut sebagai aquascape.

Cara-Budidaya-Ikan-Hias-Air-Laut-Di-Akuarium

Sebelum anda mulai mengasuh ikan air laut hias, lebih baik melulu merawat ikan air laut hias terlebih dahulu.

Budidaya ikan hias air laut di akuarium memang bisnis yang menawarkan kesempatan besar. Hasilnya lumayan menjanjikan sebab ikan air laut hias dipasarkan dengan harga pasar yang tinggi.


Cara Budidaya Ikan Hias Air Laut

Jika Anda memperhatikan metode budidaya ikan hias akuatik ini, Anda bakal lebih mengetahui proses pembiakan ikan air laut hias, yang agak bertolak belakang dari ikan air tawar.


1. Siapkan akuarium

Tahap kesatu dalam budidaya ikan hias ialah persiapan akuarium. Sekadar informasi, ikan air laut hias memerlukan akuarium sebagai habitat dengan volume air yang besar.

Yaitu selama 1 ton volume air, jadi Anda pun membutuhkan akuarium besar.


2. Desain lingkungan akuarium

Cara kedua guna membudidayakan ikan air hias ialah dengan membuat lingkungan akuarium. Ikan laut hias tidak bisa hidup di lingkungan yang tidak serupa habitat aslinya.

Karena itu, kita perlu menciptakan lingkungan akuarium dengan tidak sedikit komponen. Mulai dari air laut yang asin, terumbu karang, kerikil, pasir laut, anemon dan sebagainya.

Jangan bingung memikirkannya, sebab semuanya dapat Anda dapatkan di toko ikan hias air laut.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Cara Memelihara Ikan Patin

Saat akuarium dipenuhi dengan air, diamkan sekitar 3 sampai 4 minggu sehingga situasi air cocok dengan situasi aslinya. Jadi lebih mengasyikkan untuk menjadi tempat untuk ikan.

Selanjutnya, tambahkan komponen lain laksana kerikil ke dasar akuarium untuk mengawal kotoran ikan, pasang lampu guna menghangatkan air, dan pendingin akuarium guna yang berisi karang.


3. Pencahayaan

Peran cahaya sangat urgen dalam keberlangsungan hidup akuarium laut. Seperti di lokasi asalnya, biota laut perlu asupan cahaya dari pagi sampai petang. Kita tak barangkali dapat menggantikan peran matahari secara sempurna, tapi dapat disiasati dengan memakai lampu.

Untuk akuarium berjenis Fish Only atau Fish Only with Live Rock, keperluan pencahayaan tidak terlampau besar, beda halnya dengan yang merawat koral, penyinaran yang baik mesti hukumnya guna kehidupan mereka.

Standar lampu guna akuarium ikan hias air laut tidak pasti, tapi sangat tidak kebutuhannya menjangkau 1 watt per liter atau guna jenis koral tertentu dapat sampai 3-5 watt per liternya. Dan tersebut harus hidup dari pagi hingga sore… hihihihi… siap-siap jebol tagihan listrik!

Jenis lampu yang digunakan dapat T5 atau lampu High Power Led. Paling tidak sedikit digunakan sekarang ialah lampu High Power Led, sebab dengan watt yang sama cahayanya dapat lebih terang, so lebih hemat listrik. Dan lagi bagusnya lampu HPL ini tidak menghantar panas berlebih yang dapat menghangatkan suhu air.


4. Periksa kualitas air

Kemudian cek kualitas air di tambak ikan hias. Isi akuarium dengan air laut (air asin), yang bisa Anda beli di toko dengan volume yang cocok dengan jenis ikan hias.

Pastikan suhu air akuarium antara 23 dan 28 derajat Celcius. Juga mengukur salinitas air laut memakai alat yang dinamakan refraktometer atau hidrometer.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Cara Mengatasi Ikan Koki Terbalik

Salinitas ini antara 34 dan 37 unsur per 1000 unit air. Di samping itu, hitung nilai pH air dengan strip berwarna (tersedia di toko ikan hias).


5. Beli benih

Untuk bibit ikan hias air laut, Anda dapat membelinya langsung dengan harga puluhan ribu rupiah. Membeli embrio ikan hias lebih mudah untuk pemula dalam budidaya ikan hias air. Karena pemijahan ikan hias agak sulit.

Pertama, kita perlu membawa dua ikan bareng dalam wadah khusus. Pantau saat proses ini dibutuhkan karena tidak semua lelaki dan perempuan merasa nyaman dan membuahi sel telur segera.

Ada bisa jadi bahwa ikan benar-benar bakal bertarung dan memandang ikan beda sebagai lawan. Sebaliknya, betina memberi sinyal saat jantan dan betina kompatibel dengan mengitari ikan jantan dan bersiap guna bertelur.

Kemudian dibuahi oleh seorang pria, dan telur berkembang selama sejumlah hari dan menetas menjadi ikan kecil atau biji.

Pastikan kita memilih bibit dari bahan induk terbaik. Benih ikan aktif, tidak cacat atau sakit. Benih yang dipasarkan di pasar seringkali berumur 2 minggu.


6. Transfer benih

Saat akuarium dan embrio siap, Anda bisa memindahkan embrio ikan hias ke akuarium. Bergerak perlahan dengan menambahkan wadah ke akuarium. Ini penting supaya ikan tidak panik, mengakibatkan stres bahkan kematian.


7. Perawatan ikan

Makanan ikan diserahkan tiga kali sehari dalam format makanan ikan pelet, larva nyamuk, mikroorganisme atau bahkan udang kecil. Kualitas air dan situasi akuarium pun harus dianggarkan secara teratur.

Jika airnya tidak terlihat bening dan ada tidak sedikit kotoran, gantikan dengan air laut baru. Pertukaran air memakan waktu selama 2 sampai 3 minggu. Air laut dipasarkan seharga 300 Rp. Per liter.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Cara Mengatasi Ikan Cupang Kembung

Masa memegang untuk pembenihan ikan hias di air laut ialah beberapa bulan, tergantung pada jenis ikan. Memberi santap rutin serta nutrisi, kualitas air dan kesucian akuarium menolong ikan tumbuh lebih cepat.


8. Pemasaran

Harga ikan hias berkisar dari puluhan ribu, ratusan ribu sampai jutaan rupee. Anda bisa menjualnya ke toko atau tukang koleksi ikan hias yang telah mempunyai jaringan penyaluran yang luas. Anda pun dapat memasarkan secara online melewati e-commerce, yang tidak sedikit digunakan ketika ini.


9. Peralatan Pendukung

Peralatan penyokong seperti sebagai berikut juga butuh Anda pertimbangkan guna kelangsungan akuarium air laut Anda. Di samping perannya lumayan vital, harga perlengkapan aquarium laut ini juga lumayan mahal. Diantaranya:

  • Pengukur Suhu
  • Protein Skimmer
  • Chiller (Pendingin suhu air)
  • Waver (Pembuat arus)
  • Test Kit (bermacam-macam)
  • Refraktometer (Pengukur keasinan air)
  • Vitamin coral (bermacam-macam)
  • Penghapus Kaca (untuk mencuci lumut yang menempel di kaca)

Demikian Sekilas Mengulas Tentang 9 Cara Budidaya Ikan Hias Air Laut Di Akuarium Bagi Pemula

Semoga Bermanfaat yang Disampaikan. Terima Kasih…!!!


Baca Juga :


Jangan Lupa Share Guys …!!!

Nur Kholifah adalah blogger Wanita Indonesia, yang sangat menyukai game dan Aplikasi. Saat ini ia menulis untuk Dota2.Co.Id, karena saya memiliki banyak pengetahuan tentang dunia game.