√Budidaya Ikan Hias Air Laut®

2 min read

Ikan adalah salah satu jenis hewan peliharaan paling populer. Perawatan ikan air asin hias memiliki seni tersendiri, karena tidak hanya menggabungkan warna-warna indah ikan air asin hias, tetapi juga mengatur dekorasi akuarium sehingga mereka menyerupai pemandangan laut atau umumnya disebut sebagai aquascape.

Budidaya-Ikan-Hias-Air-Laut

Sebelum kita mulai merawat ikan air laut hias, lebih baik hanya merawat ikan air laut hias terlebih dahulu.

Budidaya ikan hias air laut di akuarium memang bisnis yang menawarkan peluang besar. Hasilnya cukup menjanjikan karena ikan air laut hias dijual dengan harga pasar yang tinggi.


Budidaya Ikan Hias Air Laut

Jika Anda mendengarkan metode budidaya ikan hias akuatik ini, Anda akan lebih memahami proses pembiakan ikan air laut hias, yang agak berbeda dari ikan air tawar.

1. Siapkan akuarium

Tahap pertama dalam budidaya ikan hias adalah persiapan akuarium. Sekadar informasi, ikan air laut hias membutuhkan akuarium sebagai habitat dengan volume air yang besar.

Yaitu sekitar 1 ton volume air, jadi Anda juga membutuhkan akuarium besar.


2. Desain lingkungan akuarium

Cara kedua untuk membudidayakan ikan air hias adalah dengan menciptakan lingkungan akuarium. Ikan laut hias tidak dapat hidup di lingkungan yang tidak menyerupai habitat aslinya.

Karena itu, Anda perlu membuat lingkungan akuarium dengan banyak komponen. Mulai dari air laut yang asin, terumbu karang, kerikil, pasir laut, anemon dan sebagainya.

Jangan bingung memikirkannya, karena semuanya bisa Anda dapatkan di toko ikan hias air laut.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  √Cara Membuat Vitamin Untuk Ikan Hias®

Saat akuarium diisi dengan air, diamkan selama 3 hingga 4 minggu sehingga kondisi air sesuai dengan kondisi aslinya. Jadi lebih menyenangkan untuk menjadi tempat bagi ikan.

Selanjutnya, tambahkan komponen lain seperti kerikil ke dasar akuarium untuk menjaga kotoran ikan, pasang lampu untuk menghangatkan air, dan pendingin akuarium untuk yang mengandung karang.


3. Periksa kualitas air

Kemudian periksa kualitas air di tambak ikan hias. Isi akuarium dengan air laut (air asin), yang dapat Anda beli di toko dengan volume yang sesuai dengan jenis ikan hias.

Pastikan suhu air akuarium antara 23 dan 28 derajat Celcius. Juga mengukur salinitas air laut menggunakan alat yang disebut refraktometer atau hidrometer.

Salinitas ini antara 34 dan 37 bagian per 1000 unit air. Selain itu, hitung nilai pH air dengan strip berwarna (tersedia di toko ikan hias).


4. Beli benih

Untuk bibit ikan hias air laut, Anda bisa membelinya langsung dengan harga puluhan ribu rupiah. Membeli benih ikan hias lebih mudah bagi pemula dalam budidaya ikan hias air. Karena pemijahan ikan hias agak sulit.

Pertama, Anda perlu membawa dua ikan bersama dalam wadah khusus. Pantau ketika proses ini diperlukan karena tidak semua pria dan wanita merasa nyaman dan membuahi sel telur segera.

Ada kemungkinan bahwa ikan benar-benar akan bertarung dan menganggap ikan lain sebagai lawan. Sebaliknya, betina memberi sinyal ketika jantan dan betina kompatibel dengan mengitari ikan jantan dan bersiap untuk bertelur.

Kemudian dibuahi oleh seorang pria, dan telur berkembang selama beberapa hari dan menetas menjadi ikan kecil atau biji.

Pastikan Anda memilih bibit dari bahan induk terbaik. Benih ikan aktif, tidak cacat atau sakit. Benih yang dijual di pasar biasanya berumur 2 minggu.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  √Budidaya Ikan Neon Tetra®

5. Transfer benih

Saat akuarium dan benih siap, Anda dapat memindahkan benih ikan hias ke akuarium. Bergerak perlahan dengan menambahkan wadah ke akuarium. Ini penting agar ikan tidak panik, menyebabkan stres bahkan kematian.


6. Perawatan ikan

Makanan ikan diberikan tiga kali sehari dalam bentuk makanan ikan pelet, larva nyamuk, mikroorganisme atau bahkan udang kecil. Kualitas air dan kondisi akuarium juga harus diperhitungkan secara teratur.

Jika airnya tidak terlihat jernih dan ada banyak kotoran, gantikan dengan air laut baru. Pertukaran air memakan waktu sekitar 2 hingga 3 minggu. Air laut dijual seharga 300 Rp. Per liter.

Masa memegang untuk pembibitan ikan hias di air laut adalah beberapa bulan, tergantung pada jenis ikan. Memberi makan rutin serta nutrisi, kualitas air dan kebersihan akuarium membantu ikan tumbuh lebih cepat.


7. Pemasaran

Harga ikan hias berkisar dari puluhan ribu, ratusan ribu hingga jutaan rupee. Anda dapat menjualnya ke toko atau kolektor ikan hias yang sudah memiliki jaringan distribusi yang luas. Anda juga dapat menjual secara online melalui e-commerce, yang banyak digunakan saat ini.


Demikian Pembahasan Tentang 7 Budidaya Ikan Hias Air Laut Di Akuarium

Semoga Penyampaian dalam Artikel ini Bermanfaat Bagi Semuanya…!!!


Share this:

√Budidaya Ikan Discus®

Cara Budidaya dan Merawat Ikan Discus Bagi Pemula – Diskus yang di juluki ratu ikan hias air tawar ini telah memulai perjalannya dari habitat...
Nur Kholifah
5 min read
/* */